Note

Pratinjau Tingkat Pengangguran Kanada: Kenaikan Kecil Kemungkinan akan Perkuat Spekulasi Perpanjangan Jeda BoC

· Views 46
Bagikan:
  • Tingkat pengangguran di Kanada diharapkan akan naik, diprakirakan di 5,8% di bulan November.
  • Penciptaan lapangan kerja yang lemah dapat membantu Bank of Canada untuk mempertahankan tingkat suku bunga.
  • USD/CAD dapat jatuh dengan angka ketenagakerjaan yang lebih lemah dari prakiraan.

Kanada akan merilis Survei Angkatan Kerja pada hari Jumat. Laporan Statistik Kanada diprakirakan akan menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran meningkat menjadi 5,8% di bulan November dari 5,7% di bulan sebelumnya. Pada saat yang sama, Perubahan Bersih dalam Ketenagakerjaan, yang merupakan jumlah pekerjaan baru yang tercipta sepanjang bulan, diprakirakan mencapai 15.000, setelah negara ini hanya menambahkan 17.500 posisi pekerjaan baru pada bulan Oktober.

Bank of Canada (BoC) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah di 5% pada pertemuan Oktober, dengan para pembuat kebijakan menyatakan bahwa mereka ingin membiarkan kebijakan moneter mendinginkan ekonomi dan mengurangi tekanan harga, meskipun menyadari risiko inflasi meningkat sejak pertemuan Juli. Data terkait ketenagakerjaan sangat penting bagi BoC, karena pasar tenaga kerja yang terlalu ketat dapat mendorong inflasi. Dolar Kanada (CAD) biasanya menguat dengan laporan yang lebih baik dari yang diantisipasi, namun hasil yang optimis juga dapat berarti lebih banyak kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Bagaimana Laporan Pengangguran dapat Mempengaruhi Kebijakan Bank of Canada?

BoC melakukan kenaikan suku bunga besar-besaran saat inflasi melonjak ke level tertinggi multi-dekade pada pertengahan tahun 2022 sebagai akibat dari pembukaan kembali pasca pandemi. Bank-bank sentral dari seluruh dunia mengalami hal serupa, dengan semuanya menyulap untuk menjinakkan inflasi tanpa memicu kemunduran ekonomi yang tajam.

Tekanan harga memang mereda dari puncaknya, namun dengan laju yang lebih lambat dari yang diantisipasi. Salah satu faktor utama yang menjaga inflasi tetap tinggi berasal dari sektor ketenagakerjaan, karena penciptaan lapangan kerja yang solid mengarah pada peningkatan pengeluaran. Permintaan yang lebih tinggi cenderung mendorong harga naik.

Dalam konteks inflasi tinggi, bank sentral cenderung menyambut baik tingkat pengangguran yang lebih tinggi, bahkan dengan risiko perlambatan ekonomi.

Selama satu setengah tahun terakhir, para pembuat kebijakan memprioritaskan penjinakan inflasi daripada menghindari resesi. Namun hal ini berubah beberapa bulan yang lalu, dengan bank-bank sentral mengadopsi sikap yang lebih berhati-hati, dengan alasan bahwa pengetatan kebijakan moneter membutuhkan waktu untuk berkembang. Alasan yang tidak diucapkan adalah bahwa pengetatan lebih lanjut akan menenggelamkan pertumbuhan ekonomi.

Bank of Canada tidak menyadari skenario ini. Suku bunga yang tinggi mempengaruhi rumah tangga dan bisnis, dan meskipun inflasi tetap berada di atas target bank sentral sekitar 2%, para pembuat kebijakan tidak dapat menambahkan lebih banyak tekanan.

Minat spekulatif mulai bertaruh pada akhir pengetatan moneter pada pertengahan tahun 2023 ketika bank sentral mulai mengatur jarak kenaikan suku bunga, mengurangi jumlah basis poin dari setiap kenaikan suku bunga dan akhirnya berhenti sejenak. Di seluruh dunia, para pembuat kebijakan menjelaskan bahwa kenaikan tambahan tetap ada, terutama jika inflasi melanjutkan kenaikannya, tetapi pasar tidak percaya.

"Pengetatan kebijakan moneter ini berhasil, dan suku bunga saat ini mungkin cukup ketat untuk membawa kita kembali ke stabilitas harga," ujar Gubernur BoC Tiff Macklem dalam sebuah pernyataan minggu lalu. Namun, ia juga memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk memikirkan potensi penurunan suku bunga. Namun, pasar keuangan saat ini bertaruh pada tanggal-tanggal potensial untuk penurunan suku bunga, bertentangan dengan peringatan para pembuat kebijakan.

Dengan pemikiran tersebut, Tingkat Pengangguran yang lebih tinggi dari yang diantisipasi dan Perubahan Bersih Ketenagakerjaan yang lemah akan dilihat sebagai konfirmasi tidak ada lagi kenaikan suku bunga, dan mendorong CAD lebih tinggi.

Kapan Tingkat Pengangguran Kanada Bulan November Dirilis dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap USD/CAD?

Tingkat Pengangguran Kanada untuk bulan November akan dirilis bersamaan dengan publikasi Survei Angkatan Kerja pada hari Jumat pukul 13:30 GMT/20:30 WIB. Menjelang rilis, prakiraan pasar menunjukkan laporan yang lemah. Tingkat Pengangguran diprakirakan meningkat menjadi 5,8% dari 5,7% di bulan Oktober, sementara Perubahan Bersih dalam Ketenagakerjaan diprakirakan mencapai 15.000.

Seperti yang telah dikatakan, angka-angka yang lemah biasanya membebani CAD, yang berarti USD/CAD akan bergerak naik. Namun dengan fokus pada keputusan bank sentral di masa depan, angka-angka yang lebih lunak dari yang diantisipasi kemungkinan akan mengangkat harapan tentang berakhirnya pengetatan moneter, dan pada akhirnya akan meningkatkan CAD terhadap rivalnya, yaitu Dolar AS.

Dolar AS telah berada di bawah tekanan jual yang stabil sejak Federal Reserve Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah selama dua pertemuan berturut-turut. USD/CAD mencapai puncak di 1,3898 pada tanggal 1 November, dan diperdagangkan di sekitar level 1,3560 menjelang rilis laporan ketenagakerjaan.

Valeria Bednarik, kepala analis di FXStreet, mengatakan: "Pertaruhan terhadap Dolar AS tampaknya agak terlambat, dan USD/CAD pulih dari level terendah beberapa minggu di 1,3540 yang diposting pada hari Rabu, melanjutkan penurunannya karena angka inflasi AS yang lebih lemah dari yang diantisipasi. Melihat survei ketenagakerjaan bulanan Kanada, perlu diperhatikan bahwa pasar diperdagangkan berdasarkan sentimen, bukan pada kesehatan ekonomi. Laporan yang solid pada awalnya dapat memicu penguatan CAD, namun para pelaku pasar dapat dengan cepat berubah pikiran, dan bertaruh melawan CAD dengan harapan BoC akan menahan diri untuk tidak menaikkan suku bunga."

Mengenai level-level teknis, Bednarik menambahkan: "Mengukur penurunan terbaru antara 1,3765 dan 1,3540, retracement Fibonacci 38,2% berada di 1,3626, level resistance terdekat. Kenaikan yang stabil di atasnya akan mengekspos resistance Fibonacci berikutnya yang relevan, yaitu retracement 61,8% di 1,3680. Kenaikan di atas level tersebut tampaknya tidak mungkin terjadi di tengah pelemahan Dolar AS yang luas. Jika pasangan mata uang ini berbalik ke selatan, support dapat ditemukan di level terendah di 1,3540, sementara di bawah level terendah, 1,3470 terlihat."

 

Indikator Ekonomi

Tingkat Pengangguran Kanada

Tingkat Pengangguran, yang dirilis oleh Statistik Kanada, adalah jumlah pekerja yang menganggur dibagi dengan total angkatan kerja sipil sebagai persentase. Ini adalah indikator utama untuk Ekonomi Kanada. Jika angka ini naik, ini mengindikasikan kurangnya ekspansi di pasar tenaga kerja Kanada dan melemahnya ekonomi Kanada. Umumnya, penurunan angka ini dianggap bullish untuk Dolar Kanada (CAD), sementara kenaikan dianggap bearish.

Baca lebih lanjut.

Rilis berikutnya: 12/01/2023 13:30:00 WIB

Frekuensi Bulanan

Sumber: Badan PusatStatistik Kanada

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.