Note

PGN (PGAS) Siap Lunasi Utang Obligasi Global Rp2,41 Triliun

· Views 45
PGN (PGAS) Siap Lunasi Utang Obligasi Global Rp2,41 Triliun
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN siap melunasi utang obligasi anak usahanya, PT Saka Energi Indonesia sebesar USD156 juta atau Rp2,41 triliun (PGAS)

IDXChannel - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN siap melunasi utang obligasi anak usahanya, PT Saka Energi Indonesia sebesar USD156 juta atau Rp2,41 triliun. Obligasi tersebut akan jatuh tempo pada 16 Mei 2024.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PGN, Fadjar Harianto Widodo mengatakan, perseroan akan mempercepat pembayaran utang obligasi tersebut. Rencana ini juga didukung oleh kondisi likuiditas perseroan yang cukup baik.

Baca Juga:
PGN (PGAS) Siap Lunasi Utang Obligasi Global Rp2,41 Triliun Makin Moncer, PGAS Kantongi Rp813 Miliar dari Bisnis Non-Migas

"Di tahun 2024, Saka Energi diproyeksikan tetap menggunakan dana internal untuk melunasi utang obligasi yang akan jatuh tempo di Mei 2024,” kata Fadjar dalam Public Expose Live 2023 secara daring, dikutip Jumat (1/12/2023).

Sebagai informasi, pada 12 Mei 2014 perseroan telah menerbitkan Senior Unsecured Fixed Rate Notes senilai USD1,35 miliar dengan bunga 5,125% per tahun.

Baca Juga:
PGN (PGAS) Siap Lunasi Utang Obligasi Global Rp2,41 Triliun Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024

Obligasi ini dicatatkan pada Singapore Exchange Securities Trading Limited dengan alokasi penggunaan dana untuk menambah modal kerja dan keperluan umum lainnya. 

Perihal kinerja, PGN mencatatkan pertumbuhan kinerja di sejumlah segmen bisnis perseroan. Adapun, segmen bisnis niaga dan transportasi minyak dan gas bumi mencatatkan pendapatan sebesar USD2,51 miliar atau Rp38,64 triliun.
 
Sementara itu, segmen usaha non migas perseroan membukukan pendapatan sebesar USD51,60 juta atau sekitar Rp813,78 miliar. Angka itu tumbuh sebesar 88,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Per September 2023, PGAS telah membangun dan mengoperasikan jaringan pipa gas bumi sepanjang 12.529 kilometer atau bertambah sekitar 1.004 kilometer dibandingkan tahun lalu.

Perseroan juga telah merampungkan sejumlah proyek pipa strategis antara lain, proyek pipa minyak Rokan di Sumatera Selatan-Riau sepanjang 367 kilometer dan proyek pipa Gresik- Semarang dengan total panjang sekitar 275 kilometer.

Sementara itu proyek pipa Senipah-Balikpapan juga sudah mencapai 92,58% dari target sepanjang 78 kilometer.

Di mana, pipa ini akan mengalirkan gas bumi untuk kebutuhan Kilang Pertamina Balikpapan sampai dengan 125 MMSCFD dari lapangan gas di wilayah Senipah, Kalimantan Timur.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.