Note

Mulai Hari Ini, Koin Rp 1.000 Kelapa Sawit dan Rp 500 Melati Nggak Laku Lagi!

· Views 33
Mulai Hari Ini, Koin Rp 1.000 Kelapa Sawit dan Rp 500 Melati Nggak Laku Lagi!
BI Tarik Koin Rp 1.000 Kelapa Sawit dan Rp 500 Melati dari Peredaran/Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta

Bank Indonesia (BI) resmi menarik peredaran uang rupiah logam pecahan Rp 500 Tahun Emisi (TE) 1991, Rp 1.000 TE 1993, dan Rp 500 TE 1997 dari peredaran, melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14 Tahun 2023 mulai hari ini 1 Desember 2023.

Untuk diketahui, uang koin rupiah itu ciri-cirinya yang Rp 1.000 bergambar garuda dan pohon Kelapa Sawit. Kemudian Rp 500 TE 1997 ciri-cirinya ada tulisan Bunga Melati kecil serta angka Rp 500 yang lebih besar.

Sedangkan Rp 500 Tahun Emisi (TE) 1991 berciri-ciri dengan tulisan Bunga Melati, kemudian ada gambar setangkai bunga melati. Ukuran angka Rp 500 lebih kecil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BI menjelaskan pencabutan dan penarikan uang Rupiah logam tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam.

Dengan demikian, terhitung tanggal dimaksud uang Rupiah logam tersebut tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bagi masyarakat yang memiliki uang Rupiah logam tersebut dan ingin melakukan penukaran, dapat menukarkannya di Bank Umum mulai 1 Desember 2023 sampai dengan 1 Desember 2033, atau 10 tahun sejak tanggal pencabutan," jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

Masyarakat yang masih memiliki uang koin tersebut bisa menukarkannya senilai nominal yang sama. Layanan penukaran dapat juga dilakukan di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Sebagai catatan, sebelum menukar, terlebih dahulu melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi PINTAR yang diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id dengan mengacu pada ketentuan atau informasi yang disampaikan mengenai jadwal operasional dan layanan publik Bank Indonesia.

(ada/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.