Note

Hindari Jebakan, Kapan Sebaiknya Jual Saham Dividen? Investor Pemula Wajib Tahu

· Views 78
Hindari Jebakan, Kapan Sebaiknya Jual Saham Dividen? Investor Pemula Wajib Tahu
Hindari Jebakan, Kapan Sebaiknya Jual Saham Dividen? Investor Pemula Wajib Tahu. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Kapan sebaiknya jual saham dividen? Hal yang mesti diingat ketika membeli saham dengan dividen adalah tujuan dari investasi itu sendiri. Jika investor memang melakukan dividend investing, maka ia dapat menyimpan saham tersebut selamanya. 

Namun jika investor membeli saham ketika pembagian dividen diumumkan demi mengincar keuntungan dari bagi hasil laba bersih, investor perlu berhati-hati dengan dividen trap. 

Baca Juga:
Hindari Jebakan, Kapan Sebaiknya Jual Saham Dividen? Investor Pemula Wajib Tahu Tips Jitu Menghindari Dividen Trap, Lakukan agar Tidak Rugi

Dividen trap terjadi ketika seseorang sulit menjual kembali sahamnya selepas tanggal cum date sebab harga saham menurun, alias terjebak dengan penurunan harga saham dan merugi. 

Untuk mengetahui apa itu dividen trap, kenali periode-periode penting dalam pembagian dividen, seperti yang dijabarkan di bawah ini. 

  • Cum date: tanggal terakhir yang menentukan investor berhak mendapat dividen atau tidak. Sampai tanggal ini, investor yang membeli saham masih berhak mendapat dividen
  • Ex date: tanggal di mana investor tidak lagi berhak atau tidak lagi tercatat sebagai penerima dividen. Jika investor membeli saham pada tanggal ini, ia tidak lagi berhak mendapat dividen
  • Recording date: tanggal pencatatan penerima dividen
  • Payment date: tanggal di mana dividen akan dibayarkan

Setelah emiten mengumumkan jadwal pembagian dividen, biasanya investor akan berlomba-lomba untuk membeli sahamnya hingga harga meroket. Sampai cum date, harga saham tersebut berpotensi untuk naik sekian persen. 

Kemudian pada ex date, di mana investor tidak lagi berhak menerima dividen, secara normal harga saham akan menurun. Sebab orang-orang yang tadi memburu dividen berlomba untuk menjual sahamnya setelah namanya terekam sebagai penerima dividen. 

Oleh karena itu, ketika membeli saham semata-mata untuk mengincar dividen, diperlukan strategi khusus, yakni dengan mengerti kapan membeli dan menjual saham tersebur agar tidak terjebak penurunan harga. 

Sebelum membeli saham yang membagikan dividen, tentukan dulu prioritas Anda. Pilih keuntungan dari dividen, atau dari capital gain yang didapat sejak pengumuman hingga cum date? 

Jika Anda berniat mengincar dividennya, maka kapan sebaiknya jual saham dividen adalah ketika ex date tiba, atau satu hari setelah cum date. Segera jual saham Anda agar tidak terkena penurunan harga yang kian merosot di kemudian hari. 

Jika Anda cukup berpuas diri dengan keuntungan capital gain, Anda bisa menjual saham dividen ketika cum date. Tanggal itu adalah hari terakhir investor pemburu dividen berlomba membeli saham. 

Namun jika Anda memang seorang investor, maka Anda dapat membeli saham-saham berdividen ketika harganya tengah berada di bawah, agar margin of safety-nya cukup lebar. Lalu, Anda bisa menyimpan saham itu dalam jangka panjang. 

Dengan menjadi investor dividen, Anda dapat mengamankan sumber pemasukan pasif dari pembagian dividen tiap tahun, tanpa khawatir penurunan harga setelah cum date. 

Itulah ulasan singkat tentang kapan sebaiknya jual saham dividen bagi investor pemula. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.