Note

Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal

· Views 80
Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal
Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) meraup kenaikan pendapatan sebesar 27,87% atau menjadi Rp858,11 miliar hingga kuartal III-2023.

IPCM juga mencatatkan kenaikan laba sebesar Rp119,78 miliar atau naik 17,81% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp101,67 miliar (YoY).

Baca Juga:
Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal Perdana Beli Saham IPCM, Bos Jasa Armada Serok di Harga Bawah

Kontribusi utama pendapatan IPCM diperoleh dari jasa pelayanan kapal sebesar Rp756,28 miliar atau 88,13% dari total pendapatan. Kontribusi pendapatan lainnya adalah jasa pengangkutan dan lainnya sebesar Rp70,33 miliar atau 8,19% serta jasa pengelolaan kapal sebesar Rp31,50 miliar atau 3,67%.

Pendapatan jasa penundaan kapal yang terdiri dari pelabuhan umum senilai Rp326,02 miliar, Terminal Khusus (Tersus) sebanyak Rp227,47 miliar dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) sebesar Rp163,72 miliar. 

Baca Juga:
Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal Lapkeu Moncer, Saham Duo Pelindo IPCC dan IPCM Kompak Melonjak

Peningkatan pendapatan Tersus pada periode ini mengalami kenaikan lebih tinggiapabila dibandingkan dengan pendapatan TUKS, dengan kenaikan masing-masing sebesar 73,74% dan
34,99% dibanding periode tahun 2022 lalu.

Adapun beban pokok pendapatan naik sebesar 32,95% dari Rp480,68 miliar menjadi Rp639,09 miliar yang sebagian besar terkontribusi dari adanya kenaikan harga bahan bakar minyak. 

Baca Juga:
Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal Ditopang Jasa Pelabuhan, IPCM Raup Laba Rp150,65 Miliar di 2022

Kendati demikian, dengan menjalankan rencana strategis perusahaan, Perseroan berhasil mencatatkan kenaikan laba usaha sebesar 20,47% menjadi Rp144,95 miliar dari Rp120,33 miliar di tahun sebelumnya. 

IPCM juga dapat mencatatkan kenaikan total aset sebesar 3,91% dari sebelumnya Rp1,49 triliun menjadi Rp1,55 triliun hingga September 2023.

Baca Juga:
Pendapatan IPCM Naik 27,87 Persen Ditopang Jasa Layanan Kapal Jasa Armada (IPCM) Luncurkan Kapal Tunda Senilai Rp68,9 Miliar

“Kami optimis dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil maka akan tetap menggeliatkan dan meningkatkan arus perdagangan dan transportasi logistik, sehingga pendapatan IPCM di 2023 ini tumbuh sesuai yang diekspektasikan," ujar Direktur Utama IPCM Shanti Puruhita dalam public expose 2023, Kamis (30/11/2023).

“Kami juga berterima kasih seluruh pelanggan, mitra bisnis strategis dan stakeholder lainnya atas sinergi yang baik sehingga IPCM mampu membukukan pendapatan positif di semester 3 tahun ini serta berharap kinerja perseroan selama tahun ini sesuai dengan rencana kerja dan anggaran Perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya,” tambah Direktur Keuangan dan SDM IPCM Reini Delfianti.

Komersialisasi bisnis IPCM juga dapat dilihat dari berbagai penandatanganan kerjasama IPCM dengan para mitra juga terus aktif dilakukan antara lain dengan ditandatanganinya beberapa perjanjian jangka Panjang dengan PT Cemindo Gemilang Tbk, PT Nusantara Regas, PT Jawa Satu Power, PT Cirebon Electric Power, PT Cirebon Energi Prasarana, PT Lang Lang Laju Layang dan PT Pelabuhan Bukit Prima.

Selain itu, IPCM juga telah menandatangani kesepakatan Kerjasama terkait jasa pemanduan dan penundaan dengan Sub Holding Pelindo Jasa Maritim untuk seluruh wilayah Regional 2 PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

“Diperpanjangnya perjanjian kerjasama pelayanan jasa IPCM kepada para mitra strategis mencerminkan bahwa komitmen kami untuk terus memenuhi harapan pengguna jasa dan meningkatkan serta memperbaiki kualitas layanan demi pelanggan yang lebih baik,” tambah Shanti.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.