Note

Dirut ANTM soal Dividen di 2024: Antam Berupaya Beri Kontribusi Terbaik

· Views 60
Dirut ANTM soal Dividen di 2024: Antam Berupaya Beri Kontribusi Terbaik
Dirut ANTM soal Dividen di 2024: Antam Berupaya Beri Kontribusi Terbaik

IDXChannel - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berkomitmen membagikan dividen tunai kepada pemegang saham sebagai apresiasi atas kinerja perseroan sepanjang 2023.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID itu fokus menyeimbangkan kebutuhan pendanaan sejumlah proyek strategis yang merupakan bagian dari kinerja operasional, dengan nilai dividen yang bakal disebar, sebagai proyeksi pembagian pada 2024.

Baca Juga:
Dirut ANTM soal Dividen di 2024: Antam Berupaya Beri Kontribusi Terbaik Larangan Ekspor Bauksit, Penjualan Antam (ANTM) Masih On Track 

“Mengenai dividen, saya sampaikan Antam akan berupaya memberi kontribusi terbaik bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan. Namun, kami mem-balance dengan adanya proyek strategis yang harus kita dukung dari sisi keuangan,” kata Direktur Utama ANTM Nicolas D. Kanter dalam Public Expose Live 2023, Kamis (30/11/2023).

Kendati tak merinci besaran kisaran Dividend Payout Ratio (DPR), Nico menegaskan bahwa perseroan tengah fokus melaksanakan hilirisasi komoditas bauksit. 

Baca Juga:
Dirut ANTM soal Dividen di 2024: Antam Berupaya Beri Kontribusi Terbaik Laba Aneka Tambang (ANTM) Tumbuh 8 Persen hingga September 2023

ANTM saat ini tengah merampungkan pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat. Proyek ini dikembangkan bersama PT Indonesia Asahan Aluminimum dengan kapasitas pengolahan 1 juta ton SGAR per tahun.

Untuk komoditas Nikel, ANTM juga sedang fokus memulai tahap awal pengoperasian pabrik feronikel di Halmahera Timur berkapasitas 13.500 TNi per tahan. Perseroan juga tengah mengembangkan eksosistem Electric Vehicle (EV) Battery terintegrasi, bersama dengan sejumlah mitra strategis.

Penjualan logam mulia juga tak luput dari perhatian ANTM. Hingga September 2023, produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan ANTM, yakni mencapai 62% dari total penjualan atau mencapai Rp19,29 triliun.

“Jadi kita pasti akan mengoptimalkan kinerja sehingga kita bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan,” ucap Nico.

Sebagaimana diketahui, pada 14 Juli 2023, ANTM telah menebar dividen tunai Rp1,9 triliun, atau Rp79,50 per saham. Ini didasari oleh kinerja keuangan tahun buku 2022 yang membukukan laba Rp3,82 triliun.

(RNA) 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.