Note

Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini

· Views 50
Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini
Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini

IDXChannel - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) siap mengoperasikan satu tambang batu bara baru di 2024, yaitu Graha Panca Karsa (GPK). Pengoperasian GPK pada tahun depan akan menambah portofolio perseroan.

"Produksi GPK diharapkan mencapai 1 juta ton pada 2024, kemudian akan tumbuh double menjadi 2 juta ton pada 2025, dan 3 juta ton pada 2026," kata Direktur Utama ITMG Mulianto dalam konferensi pers usai Public Expose Live 2023 secara daring, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga:
Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini Lampaui Target, Produksi Batu Bara ITMG Tumbuh Sembilan Persen

Mulianto menjelaskan bahwa GPK memiliki konsesi seluas 5.060 hektare (ha) di Kalimantan Timur. Tambang GPK berlokasi sekitar 14 kilometer (km) dari Pelabuhan Bunyut, sehingga memudahkan pengangkutan batu bara.

Dia menyebut, produksi batu bara GPK akan memperkaya total produksi ITMG, tidak hanya dari segi penambahan volume, namun juga dari kualitas atau rendah sulfur. Batu bara yang diproduksi GPK memiliki kalori 3.600-3.800 Kcal/kg dengan tingkat abu 8%-11%, sulfur 0,1%-0,2%, dan total kelembapan 36%-38%.

Baca Juga:
Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini Indo Tambangraya (ITMG) Target Produksi Batu Bara 16,9 Juta Ton di Akhir 2023

“Dengan produk yang lebih terdiversifikasi, perseroan akan mampu memenuhi berbagai macam kualitas yang dibutuhkan pelanggan, baik di pasar domestik maupun ekspor,” ujar Mulianto.

Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini

Baca Juga:
Indo Tambangraya (ITMG) Operasikan Satu Tambang Baru di 2024, Produksi Awal Segini Laba Bersih ITMG Turun 54,6% YoY di Kuartal III-2023

Sejak tahun lalu, sampai dengan kuartal III-2023, GPK telah melakukan beberapa persiapan guna memulai operasi tambang di tahun depan, di antaranya pembersihan lahan dan persiapan area pelabuhan dan jalan angkut, memulai kegiatan pengeboran untuk pengambilan sampel geoteknik, melakukan desain teknik, fabrikasi dan menentukan lokasi penambangan yang potensial.

Mulianto melanjutkan, kegiatan persiapan akan terus dilakukan hingga GPK memulai produksi batu bara pada 2024. Batu bara dari GPK akan meningkatkan volume produksi ITMG secara keseluruhan, serta memperkaya kualitas batu bara yang dimiliki ITMG.

“Sehingga semakin dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam,” ucap Mulianto.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.