Note

Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik

· Views 50
Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik
Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pembangunan Ibu kota Nusantara (IKN) diyakini akan memberikan andil yang besar bagi sektor logistik pelabuhan di masa depan. 

Direktur PT Mitra Investindo Tbk (MITI) Bambang Ediyanto mengatakan, status sebagai Ibu kota Nusantara memberikan titik pemusatan baru untuk arus logistik dan barang. 

Baca Juga:
Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik MITI Raup Pendapatan Rp244,9 Miliar

“Potensinya tentu besar, karena statusnya sebagai Ibu Kota. Jika berjalan on the track maka pemusatan arus barang tidak hanya berada di pelabuhan besar yang ada saat ini seperti di Pulau Jawa Sumatera dan Sulawesi,” kata Bambang dalam keterangan resminya, Kamis (30/11/2023).

Bambang menyebut, perseroan akan fokus di Balikpapan. Selain itu, perseroan juga akan menerapkan full logistik yang saat ini tengah siapkan. Seperti, tracking pergudangan, shipping line, kontainer dan lainnya.

Baca Juga:
Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik Arus Bongkar Muat di IKN Dorong Pertumbuhan Kinerja Mitra Investindo (MITI)

“Pengelolaan logistik itu punya peran penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara. Harapannya, pengelolaan logistik efisien akan menekan biaya tinggi sehingga harga jual juga bisa lebih bersaing,” ujar Bambang.

Bambang melanjutkan, potensi besar logistik pelayaran di IKN bisa dilihat dari tingginya investasi penyewaan jasa kapal tunda di perairan IKN. 

Baca Juga:
Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL

Data Indonesian National Shipowners Association (INSA) menyebutkan, harga-harga komoditas alam masih terlihat stabil sejak pertengahan 2023. 

Di sisi lain, tingginya permintaan pengangkutan bahan-bahan infrastruktur yang berada IKN di Kalimantan Timur menjadi salah satu pendorong meningkatnya investasi sektor ini. 

Baca Juga:
Mitra Investindo (MITI) Optimistis IKN Beri Dampak Besar ke Sektor Logistik Mitra Investindo (MITI) Tambah 29 Persen Kepemilikan Saham di Anak Usaha

“Kami siap berkomitmen penuh untuk berperan aktif dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penguatan kinerja, pada penyediaan layanan perkapalan dan logistik yang terus berkembang dan terintegrasi, khususnya dalam mendukung persiapan IKN,” imbuh Bambang.

Pemerintah terus menggodok pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Dalam proses pembangunannya, sejumlah BUMN turut andil dengan menggelontorkan investasi di beberapa sektor.

Di antaranya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), hingga BUMN Karya. Di bidang infrastruktur sejumlah ruas tol IKN bisa rampung 2024 mendatang melalui BUMN Hutama Karya dan Brantas Abipraya. 

Sebelumnya, Kementerian BUMN resmi membentuk perusahaan patungan yang dinamai PT Karya Logistik Nusantara (KLN). Perusahaan itu terdiri dari enam BUMN Karya. 

Keenam perseroan antaranya PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero). 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.