Note

Resmi Debut, Harga Saham Janu Putra (AYAM) Melesat 35 Persen

· Views 39
Resmi Debut, Harga Saham Janu Putra (AYAM) Melesat 35 Persen
Resmi Debut, Harga Saham Janu Putra (AYAM) Melesat 35 Persen (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Janu Putra Sejahtera Tbk (AYAM) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (30/11/2023). 

Pada perdagangan perdananya, harga saham perusahaan dengan kode AYAM ini dibuka naik 35% ke level Rp135 per saham. Sebelumnya, perseroan menetapkan harga penawaran umum sebesar Rp100 per saham.

Baca Juga:
Resmi Debut, Harga Saham Janu Putra (AYAM) Melesat 35 Persen IHSG Dibuka Hijau ke 7.052, Emiten Pendatang Baru AYAM Tembus ARA

"Kami berkomitmen untuk mengembangkan peternakan dan teknologi untuk menjadikan proses produksi yang lebih efektif dan efisien," kata Komisaris Utama AYAM, Singgih Januratmoko di Gedung Bursa Efek Indonesia pada Kamis (30/11/2023).

Hingga pukul 09.08 WIB, harga saham AYAM masih berada di level Rp135 per saham. Adapun jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 137,23 juta saham dengan nilai transaksi mencapai Rp18,53 miliar dan ditransaksikan sebanyak 7.643 kali.

Baca Juga:
Resmi Debut, Harga Saham Janu Putra (AYAM) Melesat 35 Persen Janu Putra (AYAM) Listing Hari Ini, Dana IPO Bakal Dipakai Buat Borong Tanah

Dalam penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), perusahaan yang bergerak di bidang peternakan dan rumah potong ayam menawarkan sebanyak 800 juta saham atau 20,00% dari modal ditempatkan dan disetor. 

Dengan harga yang ditetapkan, perseroan berpotensi meraup dana segar sebesar Rp80 miliar.

Baca Juga:
Resmi Debut, Harga Saham Janu Putra (AYAM) Melesat 35 Persen Listing Besok, OJK Tetapkan Janu Putra (AYAM) sebagai Efek Syariah

Perihal penggunaan dana, sebesar Rp40,63 miliar akan digunakan untuk pembelian beberapa bidang tanah di Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. 

Kemudian, sebesar Rp15,52 miliar akan digunakan untuk pembelian beberapa bidang tanah di Desa Tuksono, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan pembangunan fasilitas hatchery baru, di mana pembelian beberapa bidang tanah berikut pembangunan fasilitas dimaksud merupakan satu rangkaian transaksi.

Kemudian, sebesar Rp11,53 miliar akan digunakan untuk pelunasan seluruh utang usaha perseroan kepada PT Janu Putra Abadi (JPA) selaku entitas asosiasi perseroan dimana penyertaan perseroan adalah sebesar 20% di JPA.

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan, namun tidak terbatas untuk pembelian parent stock day-old-chicks (DOC). 

Untuk memproduksi DOC ayam broiler, perseroan membutuhkan parent stock (PS) di mana PS tersebut nantinya akan memproduksi atau menelurkan DOC ayam broiler. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.