Note

Emas mengalami hambatan

· Views 93

Emas tidak menunda-nunda dan melonjak ke level tertinggi enam bulan segera setelah Gubernur Federal Reserve Christopher Waller membicarakan penurunan suku bunga dana federal. Menurutnya, jika proses deflasi dalam perekonomian AS terus mendapatkan momentum, maka tidak ada gunanya biaya pinjaman sebesar itu. Hal ini sepenuhnya sejalan dengan ekspektasi pasar akan pelonggaran kebijakan moneter Federal Reserve pada tahun 2024, sehingga mengurangi imbal hasil obligasi Treasury dan nilai dolar AS. Akibatnya, angin positif bertiup ke XAU/USD.

Harga logam mulia ditentukan oleh nilai uang. Semakin rendah suku bunga bank sentral dan imbal hasil obligasi, semakin baik bagi emas, yang tidak menghasilkan pendapatan bunga. Selain itu, diperdagangkan dalam dolar AS. Semakin lemah mata uang Amerika, semakin murah logam tersebut bagi pembeli asing. Dalam hal ini, jatuhnya indeks USD ke level terendah sejak Agustus adalah kabar baik bagi XAU/USD.

Dinamika indeks USD dan imbal hasil obligasi AS

Emas mengalami hambatan

Dinamika indeks USD dan imbal hasil obligasi AS dipengaruhi oleh kebijakan moneter Federal Reserve. Peningkatan kemungkinan pelonggaran pada bulan Mei dari 51% menjadi 70% setelah pidato Waller memberikan manfaat yang sangat berharga bagi emas. Jika sebelum pidato tersebut, pasar meragukan penurunan suku bunga dana federal sebesar 100 bps menjadi 4,5% pada tahun 2024, kini peluangnya melonjak hingga 76%.

Investor khawatir bahwa statistik AS yang kuat dan retorika hawkish dari pejabat FOMC dapat mengubah keseimbangan kekuatan di pasar keuangan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan indeks saham dan peningkatan indeks USD, yang akan menghambat XAU/USD. Hal ini tidak terjadi, dan logam mulia melonjak ke level tertinggi dalam enam bulan.

Beberapa penurunan kuotasinya dikaitkan dengan ekspektasi rilis data PDB AS untuk kuartal ketiga. Berdasarkan perkiraan para ahli Bloomberg, angka kedua dapat meningkatkan tingkat pertumbuhan dari 4,9% menjadi 5%. Kekuatan ekonomi AS akan menahan rally XAU/USD. Namun, perlu dipahami bahwa produk domestik bruto merupakan indikator lagging. Pullback emas terhadap percepatannya adalah peluang bagus untuk membentuk posisi long.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Emas mengalami hambatan

Faktanya, nasib logam mulia akan bergantung pada pidato Ketua Fed Jerome Powell pada akhir pekan ini di tanggal 1 Desember. Waller adalah pejabat berwibawa yang dianggap oleh investor sebagai juru bicara mayoritas di FOMC. Namun, hanya sinyal dari Ketua Fed tentang perubahan pandangan Bank Sentral yang pada akhirnya akan meyakinkan pasar akan kebenarannya dan memungkinkan emas mencapai rekor tertinggi baru pada awal tahun 2023. Jika sinyal ini tidak muncul, maka XAU/USD berisiko memasuki retracement.

Secara teknis, pada grafik harian, emas telah memasuki zona konvergensi, yang mungkin menjadi alasan untuk melakukan take profit pada posisi long yang terbentuk dari $1.976 dan $1.981 per ounce. Hal ini dibentuk oleh target pada pola AB=CD di angka 161,8% dan Wolfe Waves. Jika logam mulia tidak bertahan di sana, peluang mencapai titik tertinggi baru dalam riwayat akan meningkat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.