Note

Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024

· Views 59
Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024
Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024 (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan kinerja di 2024. 

Untuk mencapai target tersebut, perseroan akan menggencarkan diversifikasi produk dan optimalisasi portofolio.

Baca Juga:
Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024 Intip Rencana Alokasi Belanja Modal PGN (PGAS) Tahun Depan

“Dengan cara memanfaatkan aset dan sumber daya yang dimiliki, serta bersinergi dengan subholding lainnya,” kata Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGAS, Rosa Permata Sari dalam konferensi pers usai Public Expose Live 2023 pada Rabu (29/11/2023).

Rosa menjelaskan strategi perseroan di tahun depan antara lain melakukan revitalisasi tangki F-6004 pada Terminal LNG Arun. Upaya tersebut dilakukan guna mendukung aspirasi untuk menjadikan Terminal LNG Arun sebagai LNG Hub leader di Asia.

Baca Juga:
Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024 PGN (PGAS) Serap Belanja Modal USD132 Juta, 57 Persen untuk Usaha Hilir

Terminal LNG Arun sendiri terletak di jalur perdagangan yang strategis dan dekat dengan pasar LNG yang sedang berkembang di Asia Tenggara dan Asia Selatan. 

Nantinya, Tangki yang tidak teroptimalkan akan dimodifikasi, sehingga kapasitas dengan desain 127.000 meter kubik dapat beroperasi kembali ke depannya. 

Baca Juga:
Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024 Volume Niaga Tumbuh 5 Persen, PGN (PGAS) Siapkan Jurus Incar Pelanggan Baru 

Adapun proyek ini sekarang dalam tahap mencari mitra kerja untuk pekerjaan Engineering-Procurement-Construction (EPC).

Di samping itu, perseroan juga akan mengembangkan LNG Bunkering Services, mengoptimalkan penyaluran pipa minyak Rokan, meningkatkan produksi wilayah kerja (WK) Pangkah. Peningkatan produksi di WK Pangkah dinilai mampu menciptakan unlock value dari wilayah kerja tersebut.

Baca Juga:
Sederet Siasat PGN (PGAS) Genjot Kinerja di 2024 Dicecar BEI soal Force Majeure Kontrak LNG dengan Gunvor, Ini Penjelasan PGN (PGAS)

“Serta penyiapan bisnis clean dan renewables energy, antara lain adalah gas biometana untuk permintaan di Jawa Barat dan pembangunan infrastruktur gas menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” tutur Rosa.

Tahun depan, PGAS juga akan mengalokasikan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk sejumlah kebutuhan yakni, pengembangan jaringan pipa gas ke kawasan industri seperti kawasan industri Kendal dan Batang di Jawa Tengah. 

Pengembangan jaringan pipa gas di dua kawasan industri tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan monetisasi gas dari lapangan Jambaran Tiung Biru. 

Perseroan juga bakal memperluas pembangunan pipa gas bumi ke pelanggan sektor industri, komersial dan rumah tangga, untuk meningkatkan volume penjualan.

“Dengan memperhatikan inisiatif tersebut, sumber dana di tahun depan berencana menggunakan sumber dana kombinasi antara internal dan eksternal, tentunya dengan tetap mempertimbangkan cost of fund perusahaan,” imbuh dia. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.