Note

Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun?

· Views 73
Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun?
Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun? (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Artikel ini akan mengulas tentang daftar sektor saham yang berpotensi naik di akhir tahun. Momentum akhir tahun umumnya identik dengan peningkatan konsumsi masyarakat di beberapa sektor ekonomi. 

Libur Natal dan Tahun Baru yang berlangsung selama beberapa hari berpeluang untuk mendorong tingkat konsumsi masyarakat. Sehingga emiten yang bergerak di sektor consumer goods dan pusat perbelanjaan, berpotensi mencatatkan peningkatan penjualan. 

Baca Juga:
Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun? Simak Rekomendasi Saham Sambut Window Dressing, Akhir Tahun

Selain itu, pada akhir tahun, di pasar modal kerap terjadi fenomena window dressing, di mana manajer investasi berupaya meningkatkan nilai portofolio investasi yang dikelolanya agar penutupan buku terlihat lebih baik. 

Dikutip dari MNC Sekuritas (29/11), aksi window dressing ini umum dilakukan oleh manajer investasi seluruh dunia, sehingga pada akhir tahun, indeks harga saham cenderung bergerak di zona hijau.

Baca Juga:
Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun? Fenomena Window Dressing Tahun Ini Tak Bakal Agresif, Apa Penyebabnya?

Namun demikian, untuk tahun ini, Investment Consultant Reliance Sekuritas Reza Priyambada mengatakan dalam sesi Market Buzz IDXChannel, fenomena window dressing bakal dipengaruhi beberapa faktor. 

“Kami sendiri masih tanda tanya apakah akan terjadi window dressing atau tidak. Pertama kami akan nantikan apakah The Fed masih dovish atau tidak, bagaimana pergerakan indeks manufaktur, dan di akhir tahun biasanya di AS terjadi perdebatan terkait APBN mereka,” kata dia. 

Baca Juga:
Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun? Sektor Infrastruktur Melesat Hampir 4%, Sambut Window Dressing?

Hal yang perlu diamati dan dinantikan adalah, jika rapat senat AS tentang anggaran negaranya berlangsung lancar, maka investor dapat mengharapkan terjadinya fenomena window dressing. 

Reza sendiri memproyeksikan IHSG bisa mencapai di level 7.275 jika fenomena window dressing bakal terjadi. Lantas, apa saja sektor saham yang berpotensi naik di akhir tahun, baik karena window dressing ataupun peningkatan konsumsi masyarakat? 

Baca Juga:
Peluang Window Dressing, Apa Daftar Sektor Saham yang Berpotensi Naik di Akhir Tahun? Meraup Cuan Jelang Window Dressing, Anda Siap?

MNC Sekuritas mencatat sektor saham yang kerap terkena imbas window dressing adalah yang tergolong sebagai penggerak utama IHSG, atau saham-saham dengan kapitalisasi pasar yang besar. 

Sektor yang masuk dalam kategori ini adalah sektor perbankan, terutama empat bank terbesar dengan kapitalisasi tertinggi, yakni BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI. Namun, jika dilihat dari kapitalisasi pasarnya, ada beberapa saham lain yang mencatatkan market cap besar.

Sementara sektor saham lain yang berpotensi mengalami peningkatan secara temporer jelang akhir tahun adalah pusat perbelanjaan, ritel, ataupun consumer goods. Pada libur Nataru dan Tahun Baru, umumnya pusat perbelanjaan menggelar banyak promo. Jumlah kunjungan juga berpotensi meningkat pada periode tersebut. 

Namun sebelum membeli saham pada sektor-sektor tersebut, pastikan Anda mencermati pergerakan harga dan mengikuti perkembangan berita terkait emiten yang diincar. 

Itulah ulasan singkat tentang daftar sektor saham yang berpotensi naik di akhir tahun. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.