Note

Pengusaha Ungkap Biang Kerok Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Sepi Peminat

· Views 38
Pengusaha Ungkap Biang Kerok Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Sepi Peminat
Foto: Shafira Cendra Arini/Detikcom
Jakarta

Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) mengungkapkan alasan yang menyebabkan penjualan motor listrik subsidi Rp 7 juta terbilang masih seret alias susah laku. Salah satunya ialah belum meratanya sebaran dealer di Tanah Air.

Ketua Umum Aismoli Budi Setiadi mengatakan, aspek internal seperti belum meratanya penyebaran dealer menjadi salah satu kendala utamanya. Ia bercerita, sempat ditelepon warga Jember yang ingin membeli motor namun ternyata di sana belum ada dealer-nya.

"Tadi pagi saya ditelepon orang Jember, 'Pak saya mau beli motor subsidi'. Saya sampaikan bisa membeli, tapi ternyata di Jember belum ada dealernya. Padahal jember itu kota besar di Jawa Timur," kata Budi, dalam acara Inabuyer EV Expo 2023 di SMESCO, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oleh karena itu, ia mendorong agar para pemegang merek yang merupakan anggota Aismoli, terutama merek yang telah memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40%, segera memperluas pasarnya ke daerah-daerah. Menurutnya, perluasan pasar bisa dilakukan lewat kemitraan.

"Di area ini lah ada skema, ada B2B yang terjalin. Saya dapat WhatsApp dari pengusaha di Makassar, Kalimantan, mereka mau datang lihat potensi yang ada untuk membuka kemitraan, dealer di beberapa daerah di Kalimantan," ujarnya.

Budi mengatakan, secara angka saat ini jumlah dealer yang masuk ke dalam data SISAPIRa sudah ada sebanyak 500 dealer motor telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sementara yang menunggu untuk diverifikasi ada sekitar 200 dealer.

"700-an dealer sudah ada di seluruh Indonesia. Tapi kan mungkin populasi terbanyak masih di Jakarta. Mungkin daerah-daerah masih kurang," imbuhnya.

Dari aspek industri, pemerintah sendiri telah memberikan karpet merah kepada asosiasi maupun merek motor listrik untuk memperluas pasar. Menurutnya, sekarang tinggal bagaimana industri membangun strategi yang tepat supaya kepercayaan masyarakat terhadap motor listrik bisa terbangun.

"Sekarang adalah bagaimana kita ingin strategi yang pas, mengakurasi supaya trust masyarakat terhadap motor listrik. Yang sekarang banyak jadi pertanyaan, contohnya 'motor rusak bengkel dimana?'," ujarnya.

Di sisi lain Budi mengatakan, saat ini telah ada sekitar 52 merek motor listrik di Indonesia, berdasarkan data Kementerian Perhubungan. Sedangkan berdasarkan data di Kementerian Perindustrian ada sekitar 42 merek motor listrik.

"Tapi dengan kegiatan ini, kami dapat banyak lamaran, banyak brand baru yang segera bergabung. Mudah-mudahan dengan makin banyak yang gabung Aismoli, kita bisa makin menyuarakan aspirasi yang sekarang ini jadi bottle neck terhadap kita. Tinggal bagaimana penetrasi ke marketnya," pungkasnya.

(shc/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.