Note

Bitcoin melakukan tes ulang level $38k: apa yang menunggu aset di minggu trading baru?

· Views 49

Minggu lalu, kita menyaksikan pergerakan harga Bitcoin yang cepat dan substansial dalam kisaran lokal $35.5k–$38k. Selama dua hari, mata uang kripto ini dapat tes ulang batas atas dan bawah saluran fluktuasi, yang menunjukkan tingginya minat investor dan trader. Sebagai hasil dari konsolidasi luas Bitcoin, Bitcoin tes ulang level $38,3k.

Bitcoin melakukan tes ulang level $38k: apa yang menunggu aset di minggu trading baru?

Selanjutnya, harga kembali dalam kisaran $35.5k–$38k, tempat Bitcoin menghabiskan akhir pekan. Pada tanggal 27 November, BTC/USD mempertahankan posisi menguntungkan di dekat level $37.5k, memberikan alasan untuk percaya bahwa pergerakan naik dapat berlanjut minggu ini. Kemungkinan terjadinya koreksi masih ada, namun seiring dengan semakin dekatnya bulan Desember, kemungkinan terjadinya koreksi semakin kecil.

Faktor-faktor Fundamental

Bitcoin, seperti sebagian besar pasar keuangan lainnya, tumbuh berkat dipertahankannya latar belakang fundamental yang menguntungkan. Mayoritas investor dan trader di CME percaya bahwa Federal Reserve tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan bulan Desember. Faktor makroekonomi lainnya, seperti pasar kerja, penurunan tingkat inflasi, dan penurunan kepercayaan konsumen, juga menunjukkan arah tersebut.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Bitcoin melakukan tes ulang level $38k: apa yang menunggu aset di minggu trading baru?

Namun, ada dua peristiwa penting yang akan terkait dengan dolar AS pada minggu trading ini—data PDB pada hari Rabu, 29 November, dan pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Jumat, 1 Desember. Peristiwa ini dapat berdampak signifikan pada pasar mata uang kripto jika muncul data baru yang bertentangan dengan kondisi latar belakang makroekonomi saat ini. Dengan kata lain, Bitcoin akan memiliki cukup alasan untuk pergerakan harga impulsif.

Bitcoin Mempertahankan Potensi Bullish

Meskipun beberapa tes ulang yang gagal pada level $38k, Bitcoin dengan percaya diri mempertahankan posisi bullish di dekat area resistensi psikologis. Selain faktor fundamental, investor kripto yakin bahwa SEC akan segera menyetujui ETF BTC spot, yang menurut Glassnode, dapat menghasilkan lebih dari $70 miliar ke pasar mata uang kripto. Terlepas dari potensi keuntungannya, analis JPMorgan mengklaim bahwa sebagian besar kenaikan saat ini didorong oleh momentum dan tidak memiliki alasan mendasar.

Bitcoin melakukan tes ulang level $38k: apa yang menunggu aset di minggu trading baru?

Pada saat yang sama, rekan-rekan dari Morgan Stanley menyatakan bahwa mereka memperkirakan kenaikan harga BTC yang signifikan setelah halving pada bulan April 2024. Bersamaan dengan proses ini, investor jangka panjang terus secara aktif mengakumulasi koin BTC. Menurut data IntoTheBlock, lebih dari 1 juta alamat memiliki minimal 1 BTC, yang merupakan indikator bullish. Mempertimbangkan semua faktor ini, dapat dinyatakan dengan yakin bahwa positif jangka pendek di pasar kripto tetap ada.

Analisis BTC/USD

Pada hari Jumat, Bitcoin mencapai level tertinggi tahunan baru, menembus level $38k dan untuk sesaat mencapai $38,3k. Selanjutnya, penjual mendorong harga di bawah level $38k, dan selama sisa akhir pekan, Bitcoin berkonsolidasi. Akibatnya, saat minggu trading baru dimulai, BTC mendekati angka $37.4k, dengan volume trading harian sekitar $15.2 miliar. Meskipun secara fundamental Bitcoin mempertahankan potensi bullishnya, secara teknis momentumnya telah berkurang.

Bitcoin melakukan tes ulang level $38k: apa yang menunggu aset di minggu trading baru?

Setelah membentuk saluran ke atas lokal, Bitcoin pada dasarnya beralih ke konsolidasi dalam kisaran $35.5k–$38k. Mata uang kripto ini hampir tidak berhasil mencapai harga tertinggi lokalnya pada minggu lalu, namun reaksi dari penjual tetap cepat dan meluas. Stochastic pada grafik 1 hari kembali menunjukkan penurunan harga BTC, dan MACD mengkonfirmasi penguatan sentimen bearish.

Bitcoin melakukan tes ulang level $38k: apa yang menunggu aset di minggu trading baru?

Pada saat yang sama, volume peminat terus meningkat di tengah ketidakmampuan BTC/USD untuk memantapkan dirinya di atas $38k. Tidak adanya berita positif terkait persetujuan BTC ETF juga mengurangi selera investasi para trader, yang akan segera mengarah pada koreksi atau konsolidasi penuh dalam kisaran yang lebih luas yaitu $33rb–$38rb, $31rb–$35,5rb. Namun, minggu ini dan pemicu mendasar yang dimiliki Bitcoin memungkinkan mata uang kripto mencapai terobosan yang didambakan di atas level $38k.

Kesimpulan

Dalam banyak hal, minggu trading saat ini akan menentukan pergerakan harga Bitcoin dalam beberapa minggu mendatang. Jika mata uang kripto berhasil menembus dan memantapkan dirinya di atas $38k atau sekali lagi memperbarui harga tertinggi lokalnya, status quo akan dipertahankan. Jika tidak, kita dapat memperkirakan penurunan harga secara bertahap selama konsolidasi karena dominasi volume aksi ambil untung dibandingkan akumulator jangka panjang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.