Note

Laporan CFTC: Posisi beli dolar menurun tajam. Ulasan USD, NZD, AUD

· Views 53

Laporan CFTC yang dirilis pada hari Senin menunjukkan terjadinya penurunan tajam pada posisi beli USD. Perubahan mingguan sebesar -5,422 miliar dan kecenderungan bullish turun menjadi 5,126 miliar.

Laporan CFTC: Posisi beli dolar menurun tajam. Ulasan USD, NZD, AUD

Imbal hasil global berubah dalam kisaran sempit dan tidak ada dinamika yang nyata. Ekspektasi yang lebih rendah untuk suku bunga Federal Reserve telah menyebabkan masuknya mata uang tambahan ke dalam pasar saham, mempertahankan selera risiko, yang meningkatkan tekanan pada dolar. Namun, tren ini sepertinya tidak akan terus berkembang karena prakiraan pertumbuhan ekonomi global tetap negatif.

Pada hari Rabu, data revisi PDB AS untuk kuartal ketiga akan dirilis, bersama dengan data pengeluaran konsumsi pribadi bulan Oktober, yang akan menunjukkan ketahanan permintaan konsumen. Laporan ini dapat memicu aktivitas pasar.

Dolar AS diperkirakan akan berada di bawah tekanan. Namun, sejauh ini, sebagian besar faktor korektif untuk prakiraan suku bunga Fed telah terjadi dan perhatian kini tertuju pada tolok ukur baru yang sedang ditunggu.

NZD/USD

Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) mengadakan pertemuan mengenai kebijakan moneter. Diperkirakan bahwa suku bunga akan dipertahankan pada tingkat 5,5%, meskipun terdapat data baru yang muncul setelah pertemuan bulan Oktober, yang mengindikasikan kondisi perekonomian Selandia Baru.

Secara khusus, PDB untuk kuartal kedua ternyata secara signifikan lebih tinggi dari yang diharapkan, yang merupakan tanda positif untuk stabilitas mata uang nasional. Inflasi perdagangan pada kuartal ketiga berada di bawah ekspektasi, bagian yang fluktuatif dari keseluruhan inflasi, tetapi masih merupakan faktor positif.

Data menengah untuk bulan Oktober menunjukkan terjadinya perlambatan dalam pertumbuhan harga, memungkinkan prakiraan untuk kuartal ketiga dari 0,9% menjadi 0,6%. Secara keseluruhan, situasi ini tidak memaksa RBNZ untuk mengambil tindakan apapun. Prakiraan mengenai kebijakan Fed telah stabil, imbal hasil obligasi di AS dan Selandia Baru telah diperdagangkan datar selama sepekan terakhir. Jika rapat RBNZ berakhir tanpa kejutan, yang tidak ada dasarnya, tidak ada ekspektasi pergerakan yang kuat pada NZD/USD.

Mengenai tren jangka panjang, hal yang perlu diperhatikan adalah ekspektasi penurunan pajak pendapatan pribadi mulai 1 Juli 2024. Hal ini diperkirakan akan menyebabkan peningkatan pendapatan riil, terutama kenaikan 1,7% dalam upah rata-rata, meningkatkan konsumsi dan PDB, yang pada akhirnya mendukung inflasi. Oleh karena itu, RBNZ harus melakukan sebagian besar pekerjaan untuk menahan inflasi sebelum Juli, memberikan beberapa alasan untuk mengharapkan ketangguhan yang lebih tinggi dan mendukung kiwi.

Minat spekulatif terhadap NZD hampir tidak berubah, dengan posisi jual bersih sebesar -1,019 miliar. Selain itu, harga tidak menunjukkan dinamika yang berbeda.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Laporan CFTC: Posisi beli dolar menurun tajam. Ulasan USD, NZD, AUD

Dalam sebulan terakhir, NZD telah menguat terhadap dolar AS, tetapi belum menembus channel bearish. Kami memperkirakan bahwa para trader akan mencoba mencapai resistance di level 0,6210/30 (band atas channel), tetapi peluang penembusan dan pembalikan naik tetap rendah. Support terdekat berada di level 0,6050, diikuti oleh bagian tengah channel di level 0,5060/70. Kecil kemungkinan bahwa pasangan mata uang ini akan menembus batas-batas ini dalam jangka pendek.

AUD/USD

Di Australia, inflasi diperkirakan telah mencapai puncaknya dan mulai mengalami penurunan meskipun laju perlambatan pertumbuhan harga menuju kisaran target tidak tinggi. Prakiraan tindakan Reserve Bank of Australia di masa depan menunjukkan terjadinya kenaikan suku bunga dari 4,35% saat ini menjadi 4,60% pada bulan Februari, dengan tingkat suku bunga ini diperkirakan akan dipertahankan hingga akhir 2024, setelah itu penurunan akan dimulai.

Berdasarkan prakiraan ini, kita dapat memahami bagaimana spread imbal hasil akan berubah. Prakiraan suku bunga Fed menunjukkan tidak ada kenaikan lebih lanjut dan penurunan suku bunga diperkirakan akan dimulai pada Juni 2024. Oleh karena itu, hingga Juni 2024, spread akan mendukung dolar, kemudian akan mulai menyempit, dan pada bulan November, imbal hasil akan mendatar. Skenario ini tidak menyiratkan pergerakan signifikan di kedua arah. Selain itu, dinamika aktual AUD/USD sebagian besar akan mencerminkan prospek ekonomi dan imbal hasil riil yang disesuaikan dengan inflasi.

Karena inflasi di AS mengalami perlambatan yang lebih cepat daripada di Australia, dan target diperkirakan akan tercapai lebih cepat, aussie pada dasarnya tidak memiliki alasan yang kuat untuk menguat terhadap greenback, kecuali kemungkinan kenaikan harga komoditas. Mengingat prakiraan ekonomi global menunjukkan perlambatan, kami tidak memperkirakan kenaikan kuat dalam permintaan komoditas yang dapat memberikan keuntungan tambahan bagi aussie.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ini, adalah logis untuk mengasumsikan bahwa kenaikan AUD/USD saat ini secara umum bersifat korektif, bukan fundamental. Setelah mengikuti momentum, didorong oleh penilaian ulang rencana suku bunga Fed, pasangan mata uang AUD/USD diperkirakan akan melanjutkan penurunannya atau, paling tidak, memasuki kisaran datar.

Seperti yang ditunjukkan dalam laporan CFTC, dolar Australia menjadi satu-satunya mata uang G10 yang posisinya secara keseluruhan memburuk – posisi jual bersih AUD meningkat sebesar 495 juta selama pekan pelaporan menjadi -5,112 miliar. Harga masih berada di atas rata-rata jangka panjang, tetapi dinamikanya telah berubah menjadi negatif.

Laporan CFTC: Posisi beli dolar menurun tajam. Ulasan USD, NZD, AUD

AUD/USD terus naik dan mungkin akan terus meningkat lebih lanjut, tetapi pergerakan naik dapat berakhir kapan saja. Area 0,6690/6710, yang ditandai sebagai target pada ulasan sebelumnya, belum tercapai, dan masih relevan. Namun, kemungkinan kenaikan yang lebih kuat masih diragukan. Harapkan upaya untuk mencapai 0,6690/6710; tetapi, penembusan area ini tidak mungkin terjadi. Skenario yang lebih mungkin terjadi adalah konsolidasi yang diikuti oleh pullback. Support terdekat berada di level 0,6525, diikuti oleh 0,6450/60. Trading kemungkinan akan berlanjut dalam batas-batas yang ditentukan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.