Note

Yen Jepang Menguat ke Level Tertinggi sejak 14 September terhadap Dolar AS

· Views 44
Bagikan:
  • Yen Jepang menguat ke level tertinggi dua setengah bulan terhadap Dolar AS pada hari Rabu.
  • Ekspektasi akan sikap dovish The Fed menyeret imbal hasil obligasi AS lebih rendah dan terus membebani Greenback.
  • Meningkatnya kemungkinan perubahan kebijakan oleh BoJ menopang JPY dan memberikan tekanan pada USD/JPY.

Yen Jepang (JPY) terus mendapatkan keuntungan dari bias penjualan Dolar AS (USD) yang lazim, dengan pasangan USD/JPY turun di bawah level 147,00 untuk pertama kalinya sejak 14 September selama sesi Asia pada hari Rabu. Inflasi yang mendasari di Amerika Serikat (AS) menunjukkan tanda-tanda perlambatan di bulan Oktober dan memperkuat pandangan pasar bahwa Federal Reserve (The Fed) mungkin telah selesai menaikkan suku bunga. Selain itu, pernyataan dovish dari beberapa pejabat The Fed pada hari Selasa mendorong spekulasi penurunan suku bunga dan memicu penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS, menyeret USD ke level terendah 3½ bulan.

JPY, di sisi lain, didukung oleh penguatan ekspektasi bahwa akhir dari kebijakan suku bunga negatif Bank of Japan (BoJ) semakin dekat. Pertaruhan tersebut terangkat oleh data minggu lalu, yang menunjukkan bahwa ukuran inflasi utama Jepang meningkat untuk pertama kalinya dalam empat bulan terakhir dan tetap berada di atas target 2% BoJ selama 19 bulan berturut-turut. Hal ini dipandang sebagai faktor lain yang berkontribusi pada kejatuhan pasangan USD/JPY untuk hari keempat berturut-turut. Meskipun demikian, nada risiko yang positif, yang cenderung mengurangi permintaan untuk aset-aset safe haven, termasuk JPY, dapat memberikan dukungan dan membantu membatasi pelemahan.

Insitsari Penggerak Pasar Harian: Yen Jepang Tetap Didukung oleh Pelemahan USD dan Ekspektasi BoJ yang Hawkish

  • Gubernur Federal Reserve Michelle Bowman mengatakan pada hari Selasa bahwa ia tetap bersedia untuk mendukung kenaikan suku bunga jika data yang masuk mengindikasikan bahwa kemajuan inflasi telah terhenti.
  • Presiden The Fed New York John Williams mengatakan bahwa ekspektasi inflasi jangka panjang telah stabil secara menggembirakan, namun tidak memberikan komentar mengenai kebijakan moneter.
  • Gubernur The Fed Christopher Waller mengatakan bahwa ada argumen ekonomi yang baik bahwa jika inflasi terus menurun selama beberapa bulan lagi, ada kemungkinan untuk menurunkan suku bunga kebijakan.
  • Waller menambahkan bahwa ia semakin yakin bahwa kebijakan saat ini berada pada posisi yang tepat untuk memperlambat ekonomi dan mengembalikan inflasi ke target 2% bank sentral.
  • Pernyataan dovish tersebut menegaskan kembali pandangan pasar bahwa The Fed telah selesai dengan kampanye pengetatan kebijakannya dan dapat mulai memangkas suku bunga pada pertengahan 2024.
  • Dari sisi data ekonomi, Indeks Keyakinan Konsumen AS dari Conference Board naik menjadi 102 di bulan November dari pembacaan bulan sebelumnya yang direvisi turun menjadi 99,1.
  • Ekspektasi inflasi 12 bulan konsumen turun menjadi 5,7% dari 5,9% di bulan Oktober, berbeda dengan survei University of Michigan minggu lalu bahwa ekspektasi inflasi jangka panjang naik di bulan November ke level yang terakhir terlihat pada tahun 2011.
  • Sementara itu, Bank of Japan hampir pasti akan mengakhiri kebijakan suku bunga negatifnya pada awal tahun depan setelah tekanan inflasi yang terus menerus tinggi.

Analisis Teknis: USD/JPY tampak Berisiko untuk Turun Lebih Jauh, Penembusan Support SMA 100 Hari Berperan

Dari perspektif teknis, penembusan di bawah support penting Simple Moving Average (SMA) 100-hari di dekat level 147,00 dapat dilihat sebagai pemicu baru bagi para pedagang bearish. Selain itu, osilator pada grafik harian telah mendapatkan daya tarik negatif dan masih jauh dari wilayah jenuh jual. Hal ini, pada gilirannya, menunjukkan bahwa jalur yang paling mungkin bagi USD/JPY adalah ke arah bawah dan mendukung prospek pelemahan yang lebih dalam. Oleh karena itu, penurunan selanjutnya menuju support perantara 146,50-146,40, dalam perjalanan menuju angka 146,00, terlihat seperti kemungkinan yang berbeda.

Di sisi lain, setiap upaya pemulihan saat ini tampaknya menghadapi resistensi yang kaku dan tetap dibatasi di dekat penghalang 147,30-147,35. Meskipun demikian, kekuatan yang berkelanjutan di luarnya dapat memicu rally short-covering dan memungkinkan pasangan USD/JPY untuk merebut kembali level 148,00. Namun, momentum ini berisiko gagal dengan cepat di dekat titik support horizontal kuat 148,30, yang saat ini telah berubah menjadi resistance.

Harga Yen Jepang Hari Ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Yen Jepang (JPY) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Yen Jepang adalah yang terkuat terhadap Dolar Australia.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   -0.01% -0.07% -0.14% 0.02% -0.08% -0.75% -0.07%
EUR 0.02%   -0.03% -0.13% 0.03% -0.06% -0.75% -0.05%
GBP 0.05% 0.03%   -0.09% 0.05% -0.04% -0.74% -0.01%
CAD 0.14% 0.13% 0.09%   0.16% 0.06% -0.60% 0.06%
AUD -0.01% -0.04% -0.07% -0.17%   -0.10% -0.77% -0.07%
JPY 0.07% 0.07% 0.01% -0.09% 0.11%   -0.66% 0.02%
NZD 0.78% 0.73% 0.70% 0.61% 0.78% 0.67%   0.68%
CHF 0.06% 0.05% 0.02% -0.07% 0.09% -0.02% -0.69%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (pembanding).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.