Note

Rukun Raharja (RAJA) Beri Kode untuk Bagi Dividen Lebih Besar

· Views 48
Rukun Raharja (RAJA) Beri Kode untuk Bagi Dividen Lebih Besar
Rukun Raharja (RAJA) Beri Kode untuk Bagi Dividen Lebih Besar (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) berencana membagikan dividen untuk tahun buku 2023. Emiten milik Happy Hapsoro ini berkomitmen untuk membagikan dividen lebih besar dari tahun 2022 lalu.

Pada 2022 lalu, RAJA telah membagikan dividen sebesar Rp67 Miliar atau setara dengan Rp15,87 per saham. Sementara untuk tahun ini, perseroan menyebut nilai dividen akan lebih besar dibandingkan tahun lalu, namun perseroan belum dapat membeberkan besaran dividen yang akan dibagikan.

“Karena itu kan harus ada persetujuan di Rapat Umum Pemegang Saham, tapi paling tidak kami punya target bahwa dividen akan lebih besar dari tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama RAJA, Djauhar Maulidi dalam Public Expose Live 2023 pada Selasa (28/11/2023).

Hingga kuartal III 2023, perseroan membukukan laba bersih sebesar USD12,6Juta, naik dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD5,6Juta. Sementara itu, pendapatan bersih perseroan mengalami kenaikan sebesar 26%, menjadi USD110Juta. 

Pertumbuhan kinerja perseroan ditopang oleh sejumlah faktor, di antaranya adalah kenaikan penjualan gas baik dari gas pipa maupun CNG, terutama dengan adanya penambahan pelanggan baru di pulau sumatera. Selain itu kenaikan kontribusi dari sektor infrastruktur gas juga memberikan kontribusi yang cukup baik terutama dari toll fee pada pipa gas dan pipa minyak mentah milik perseroan.

“Kami berkomitmen memberikan hasil keuntungan secara rutin kepada para investor melalui pembagian dividen. Insha Allah tahun depan bisa lebih besar lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” imbuh Djauhar.

Adapun, saat ini perseroan tengah mengembangkan bisnis amonia sebagai bagian dari upaya ekspansi usaha di lini bisnis energi baru dan terbarukan (EBT). Dalam hal ini, perseroan telah menandatangani kesepakatan pembangunan pabrik amonia. Dalam pembangunannya, pabrik tersebut telah memasuki tahap front end engineering design.

Pabrik amonia RAJA nantinya memiliki kapasitas sebesar 700.000 ton. Dengan kapasitas tersebut, perseroan berpotensi mencatatkan peningkatan pendapatan. Namun, potensi tersebut akan sangat bergantung pada harga jual amonia pada saat pabrik mulai on stream.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.