Note

Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo

· Views 52
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo. (FOTO: MNC Media)

 IDXChannel- PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) atau Tugu Insurance membagikan dividen Rp25,51 untuk setiap saham yang dimiliki atau setara dengan dividend yield 2,28% untuk kinerja keuangan 2023.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Tugu Insurance menyatakan cum date dividen ditetapkan pada 6 Desember 2023 dengan tanggal recording date 8 Desember 2023. Adapun pembayaran dividen kepada para pemegang saham akan dilakukan pada 20 Desember 2023. 

Baca Juga:
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo Laba Bersih Sentuh All Time High, Begini Jeroan Asuransi Tugu (TUGU)

Total dividen interim yang dibayarkan sebesar Rp90,71 miliar atau sekitar 8% dari laba bersih TUGU pada Kuartal III-2023. Ini merupakan pertama kali TUGU memberikan dividen interim sejak IPO pada 2018 lalu.

Head of Research Investasiku, Cheril Tanuwijaya mengatakan wajar TUGU membagikan dividen interim karena adanya lonjakan laba bersih pada tahun ini sebesar 333% hingga kuartal kemarin. "Dividen interim ini merupakan sinyal bahwa TUGU akan membagikan dividen cukup besar pada full year nanti," ujarnya.

Baca Juga:
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo Maksimalkan Captive Market, Asuransi Tugu Mandiri Targetkan Premi Rp558 Miliar di 2021

 Dia memprediksi laba full year 2023 TUGU akan mencapai Rp1,4 triliun atau meningkat 303% secara year on year. Dengan menggunakan asumsi dividen payout ratio (DPR) di level 40%, maka dividen per saham bisa menembus Rp150 atau setara dengan dividen yield 13,4% dibandingkan penutupan harga saham kemarin. 

"Tahun ini TUGU masuk high dividend sehingga akan menjadi buruan para dividen hunter. Hal ini berpeluang mendorong saham TUGU hingga ada kepastian besaran dividen full year," ujarnya. 

Baca Juga:
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo Asuransi Tugu Bagi Dividen Senilai Rp78,10 per Saham

Bila melihat historis 4 tahun terakhir, Tugu Insurance tidak pernah absen dalam pembagian dividen, termasuk di kala pandemi Covid-19 pada 2020-2022 lalu. Dalam 4 tahun laporan keuangan, yakni 2019-2022 Tugu Insurance membagikan dividen dengan rasio pembayaran antara 30%-40% dari laba bersih. Kecenderungan terjadi peningkatan dividen payout ratio, yakni pada 2021 dan 2022 tercatat 40%. 

"Saham seperti TUGU sebenarnya cocok untuk para dividend hunter karena rutin membagikan dividen tiap tahun," ujarnya.

Baca Juga:
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo Asuransi Tugu (TUGU) Stock Split Saham 1:2, Cek Jadwalnya

 Namun, tuturnya, masih ada peluang terjadi capital gain di saham TUGU karena valuasi yang masih murah. Saat ini saham TUGU diperdagangkan pada ratio 0,41x price to book value (PBV) yang mencerminkan masih jauh di bawah harga wajarnya. Bila kembali ke 1x PBV, maka saham TUGU bisa menyentuh level Rp2.600-an.

 Menurut dia, sentimen negatif bagi saham TUGU adalah sektor asuransi bukanlah sektor yang populer bagi investor saham di Indonesia. Meski demikian, dengan kinerja keuangan yang terus bertumbuh, ditambah ekosistem Pertamina sebagai induk usaha, pada dasarnya saham TUGU cukup atraktif.

Baca Juga:
Bagi Dividen Interim, TUGU Beri Sinyal Dividen Jumbo OJK Restui Amelia Kurniawan Jadi Komisaris Asuransi Tugu Pratama Indonesia

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.