Note

Industri Kendaraan Listrik Indonesia Diklaim Tengah Alami Pertumbuhan

· Views 39

Pasardana.id - Industri kendaraan listrik di Indonesia diklaim sedang mengalami pertumbuhan. Hal ini diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto secara virtual di Inabuyer Electric Vehicle (EV) EXPO 2023, Selasa (28/11) kemarin.

Kata Menko Airlangga, pertumbuhan tersebut didukung karena Indonesia sebagai salah satu negara produsen nikel terbesar di dunia yang menjadi bahan baku kendaraan listrik. 

"Pengembangan kendaraan listrik di Indonesia tentunya menjadi penting karena investasi terus meningkat dan juga penjualan motor listrik mengalami peningkatan,” ucapnya.

Diterangkan Airlangga, guna terus memasifkan perkembangan kendaraan listrik, pemerintah telah mengeluarkan insentif bagi kendaraan listrik. Insentif yang sudah disediakan untuk kendaraan roda 2 yang melakukan konversi mendapatkan insetif senilai Rp7 juta. 

Kemudian mobil listrik mendapatkan insentif PPN-DTP. Disusul bus listrik dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 40 persen mendapatkan insentif PPN sebesar 10 persen.

Pemerintah juga mendorong pengadaan kendaraan listrik di berbagai instansi dan lembaga pemerintah guna pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Disusul pihaknya yang tengah menggencarkan penurunan emisi karbon sebesar 358 juta ton CO2 di tahun 2023.

"Saat ini, kekuatan industri otomotif di Indonesia didukung oleh 26 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat, kapasitas produksinya di atas 2 juta dan industri ini menyerap 1,5 juta tenaga kerja,” pungkasnya.

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.