Note

Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+

· Views 62
Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+
Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+ (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Harga minyak menguat pada perdagangan Selasa (28/11/2023) usai adanya kabar pemangkasan produksi dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Harga minyak mentah Brent menguat 0,28 persen di level USD80,2 per barel dan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 0,35 persen di level USD75,12 per barel, berdasarkan data Trading Economics per pukul 15.14 WIB.

Baca Juga:
Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+ Pesta Saham Bank Digital Berakhir? BBYB hingga ARTO Sempat Bawa Optimisme

Kenaikan harga minyak pekan ini menghentikan penurunan empat hari beruntun di pekan lalu karena investor bersiap untuk pertemuan OPEC+ akhir pekan ini. 

Arab Saudi dan Rusia diperkirakan akan memperpanjang pengurangan pasokan sukarela hingga setidaknya kuartal pertama 2024. Pasar juga tengah berspekulasi bahwa kelompok tersebut dapat memperdalam pengurangan produksi lebih lanjut untuk mendukung pasar minyak yang telah lesu.

Baca Juga:
Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+ IHSG Lanjutkan Penguatan di Sesi I, Transaksi Saham Capai Rp5,82 Triliun

Pekan lalu, harga minyak berada di bawah tekanan setelah pertemuan tingkat menteri OPEC+, yang semula dijadwalkan pada 26 November, ditunda hingga 30 November karena perselisihan mengenai kuota produksi untuk produsen Afrika. 

Tanda-tanda kuatnya pasokan, terutama dari negara-negara non-OPEC, juga telah membebani harga minyak mentah, dengan persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) terus meningkat melebihi perkiraan. 

Baca Juga:
Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+ Begini Peluang Saham yang Masuk Indeks MSCI

Sementara itu, Badan Energi Internasional (EIA) memperkirakan masih akan terjadi sedikit surplus di pasar minyak global tahun depan meskipun ada potensi perpanjangan pengurangan pasokan OPEC+ hingga tahun 2024.

Saham Migas Berpesta

Di dalam negeri, kinerja saham sejumlah emiten migas juga mengalami kenaikan memasuki sesi II perdagangan hari ini, Selasa (28/11). Saham Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menjelang penutupan perdagangan sore ini naik 2,24 persen di level Rp1.140 per lembar saham. (Lihat grafik di bawah ini)

Saham RAJA-ENRG Cs Berpesta Jelang Pertemuan OPEC+

Saham emiten migas lainnya, yakni Rukun Raharja Tbk (RAJA) naik paling moncer mencapai 5,53 persen pada pukul 15.18 WIB. Saham migas lainnya, Energi Mega Persada (ENRG) juga menguat 3,74 persen. Menguat hari ini, saham ENRG dalam sepekan juga menguat 3,7 persen sementara saham RAJA bergerak sideways.

Dua saham emiten migas lainnya, yakni Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) dan Elnusa Tbk (ELSA) juga menghijau masing-masing naik 0,96 persen dan 1,47 persen pada periode yang sama. Secara keseluruhan, indeks energi di bursa saham RI menghijau 0,91 persen pada perdagangan hari ini pukul 15.22 WIB.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.