Note

United Tractors (UNTR) Bakal Uji Coba Ekskavator Listrik di Sejumlah Lokasi

· Views 31
United Tractors (UNTR) Bakal Uji Coba Ekskavator Listrik di Sejumlah Lokasi
United Tractors (UNTR) Bakal Uji Coba Ekskavator Listrik di Sejumlah Lokasi. Foto: Cahya Puteri AR

IDXChannel - PT United Tractors Tbk (UNTR) berencana melakukan uji coba atau trial produk ekskavator listrik, New 20 Ton Class Electric Excavator. Produk tersebut merupakan ekskavator pertama perseroan yang beroperasi menggunakan tenaga listrik.

Direktur UNTR Loudy Irwanto Ellias menyampaikan bahwa perseroan dalam waktu dekat akan melakukan uji coba di sejumlah lokasi. Adapun, uji coba tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien penggunaan ekskavator listrik.

Baca Juga:
United Tractors (UNTR) Bakal Uji Coba Ekskavator Listrik di Sejumlah Lokasi United Tractors (UNTR) Cetak Pendapatan Rp97,6 Triliun hingga Kuartal III-2023

“Terlepas dari infrastruktur yang memang belum mendukung, kami akan melakukan trial apakah akan lebih efisien,  sehingga kami bisa lebih tepat dalam menyusun strategi bagaimana bisnis model dan sebagainya,” kata Loudy dalam konferensi pers usai Public Expose Live 2023 secara daring, Selasa (28/11/2023).

Ditemui di kesempatan berbeda, Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K. Loebis mengatakan, sebelum memasarkan produk ekskavator listrik tersebut, perseroan akan memastikan kesiapan infrastruktur, terutama pada sektor-sektor yang mobile seperti pertambangan dan perkebunan.

Baca Juga:
United Tractors (UNTR) Bakal Uji Coba Ekskavator Listrik di Sejumlah Lokasi United Tractors (UNTR) Jajaki Peluang Akuisisi Tambang Mineral

“Kalau sektornya terlalu remote, mau isi baterainya kan kami harus yakin mereka punya (infrastrukturnya). Kalau di kota mungkin gampang ya untuk isi dayanya,” kata Sara di Jakarta pekan lalu.

Sebagai informasi, New 20 Ton Class Electric Excavator nantinya akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan di berbagai sektor seperti tambang batu bara dan mineral, yaitu nikel, emas, timah, dan bauksit, serta pekerjaan konstruksi. Adapun, ekskavator ini akan menggunakan baterai elektrik yang akan diuji coba di Indonesia.

Baca Juga:
United Tractors (UNTR) Bakal Uji Coba Ekskavator Listrik di Sejumlah Lokasi United Tractors (UNTR) Pangkas Target Penjualan Alat Berat, Ini Penyebabnya

Produk ini didukung fitur dan teknologi Komtrax yang merupakan teknologi telematik untuk memantau alat berat berbasis nirkabel dari Komatsu yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui perangkat komputer maupun telepon seluler. 

Adapun, cara kerja ekskavator menggunakan tenaga listrik untuk melakukan penggalian dan pemindahan material. Di samping itu, produk ini tidak menggunakan mesin pembakaran internal seperti ekskavator konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil. 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.