Note

Rumor bahwa Inggris akan menghindari resesi meningkatkan reli GBP/USD

· Views 46

Pertumbuhan pertama dalam aktivitas bisnis di sektor jasa dan indeks manajer pembelian gabungan untuk Inggris dalam empat bulan terakhir, naik di atas angka psikologis penting 50, menambah bahan bakar bagi reli GBP/USD. Sebelumnya, investor bertaruh bahwa perekonomian Inggris tidak dapat menghindari resesi, dan pasangan mata uang ini menguat semata-mata karena melemahnya dolar AS. Kini, pound memiliki kartu trufnya sendiri.

Sebelum rilis data PMI Inggris bulan November, pergerakan naik GBP/USD didasarkan pada peningkatan selera risiko global dan ekspektasi dimulainya siklus pengetatan Federal Reserve lebih awal dibandingkan dengan Bank of England. Meskipun indeks saham AS telah meningkat selama empat minggu berturut-turut dan siap mengakhiri bulan terakhir musim gugur dengan hasil terbaik sejak November 2020, aset-aset safe-haven, terutama dolar AS, berada di bawah tekanan.

Pada saat yang sama, pasar berjangka memperkirakan tindakan pertama ekspansi moneter Federal Reserve pada bulan Mei dan Bank of England pada bulan Juni tahun depan. Derivatifnya mengisyaratkan bahwa suku bunga dana federal akan turun 100 basis poin menjadi 4,5% pada tahun 2024, dan suku bunga repo juga akan turun 75 basis poin menjadi 4,5%. Setelah dirilisnya statistik aktivitas bisnis yang kuat di Inggris pada bulan November, terdapat pembicaraan mengenai peningkatan tajam dalam biaya pinjaman sebesar 60 basis poin. Dengan kata lain, dibandingkan melakukan tiga tindakan pelonggaran moneter, investor akan mengandalkan dua tindakan pelonggaran moneter. Dan proses ini baru bisa dimulai pada bulan September. Tidak mengherankan jika GBP/USD melonjak.

Dinamika ekspektasi pasar terhadap repo rate Bank of England

Rumor bahwa Inggris akan menghindari resesi meningkatkan reli GBP/USD

Mempertimbangkan perbedaan laju ekspansi moneter yang diharapkan oleh Federal Reserve dan Bank of England serta peningkatan selera risiko global, kenaikan GBP/USD memiliki peluang yang sangat baik untuk berlanjut. Mungkin risiko utama bagi kenaikan adalah potensi retorika hawkish dari kedua bank sentral. Meskipun inflasi AS dan Inggris melambat, namun inflasi masih berada di atas target 2%. Oleh karena itu, baik Federal Reserve maupun BoE berniat mempertahankan suku bunganya untuk waktu yang lama untuk melihat bagaimana perkembangannya.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Rumor bahwa Inggris akan menghindari resesi meningkatkan reli GBP/USD

Pasar disesuaikan dengan skenario yang berbeda. Mereka memperkirakan adanya pengurangan biaya pinjaman, yang akan mendorong indeks saham, meningkatkan selera risiko global, dan menciptakan dorongan bagi GBP/USD. Namun, jika perekonomian AS tiba-tiba berhenti mereda dan inflasi meningkat, maka situasinya akan terbalik. Selama siklus pembatasan moneter saat ini, investor telah enam kali menentang Federal Reserve. Dan setiap kali, mereka terbakar. Akankah mereka berhasil memaksakan kehendaknya pada bank sentral untuk ketujuh kalinya?

Secara teknis, pada grafik harian, kekuatan pergerakan naik GBP/USD tidak diragukan lagi. Harga semakin menjauh dari moving average, menunjukkan bahwa kenaikan mulai menguat. Jika mereka berhasil mengukuhkan diri di atas level pivot 1.2615, reli pound terhadap dolar AS kemungkinan akan berlanjut menuju level 1.275 dan 1.29. Rekomendasinya adalah membeli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.