Note

OJK Ingin Lebih Banyak Emiten Taat GCG Berskala ASEAN

· Views 38

Pasardana.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginginkan lebih banyak  emiten tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih pengakuan pelaksaanaan tata kelola perusahaan terbaik di tingkat ASEAN.

Hal itu disampaikan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi dalam acara Annual Report Award atau ARA Award 2022 di gedung BEI, Senin(27/11/2023).

“Dengan adanya New ARA, maka emiten kita bisa berkiprah di ASEAN dengan cara mengadopsi prinsip prinsip  ASEAN Score Card,” harap dia.

Lebih jauh, Inarno meminta perusahan di sektor jasa keuangan untuk lebih  meningkatkan tata kelola perusahaan (GCG).

Permintaan hal itu bukan hanya untuk mengikuti kepatuhan dari regulator semata,  tapi juga membangun kepercayaan dan reputasi di mata investor, regulator dan masyarakat umum.

“Peningkatan GCG akn membawa manfaat jangka panjang, khususnya dalam menjaga stabilits kinerja perusahaan,” ingat dia.  

Adapun hal yang perlu ditambahkan itu, kata dia, terkait dengan penerapan bisnis berkelanjutan yang  mulai integrasikan ke dalam proses bisnis perusahaan.

“Kami minta pelaksanaanya juga dicantumkan  dalam laporan tahunan, ini menjadi penting mengingat isu keberlanjutan sudah menjadi pertimbangan investor dalam pengambilan keputusan investasi,” papar dia.

Sementara itu,  Ketua Pengarah ARA 2022, Mardiasmo menyampaikan pelaksanaan ARA tahun 2022 merupakan penyegaran dari pelaksanaan sebelumnya dengan kriteria disusun mengakomodir semua ketentuan/standar dan best practices di bidang corporate governance dan akuntansi serta selalu mengikuti perkembangan  untuk menyelaraskan dengan perkembangan yang ada.

“ARA 2022 menggunakan kriteria yang telah selaras dengan SE OJK 16/2021 tentang Bentuk dan Isi Laporan Tahunan, termasuk lampiran SE OJK 16/2021 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Laporan Berkelanjutan, yang mengacu pada SE OJK 51/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan, dan mengakomodir Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia (PUGKI) 2021, serta ASEAN CG Scorecard,” papar dia.

Adapun Juara umum ARA tahun 2022 adalah Bnak CIMB Niaga (IDX:BNGA) dengan menyisihkan 163 perserta.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.