Note

Bayar Utang, ATIC Jual Eguine Global Kepada IBM Senilai USD13 Juta

· Views 46

Pasardana.id - PT Computrade Technology International, anak usaha PT Anabatic Technologies Tbk (IDX: ATIC) akan menjual 73 persen kepemilikan saham pada Eguine Global kepada IBM Global Service Pte senilai USD13,02 juta.

Hal itu tertuang dalam perjanjian penjualan 100 persen saham Eguine Global kepada IBM dengan total nilai USD21,3 juta.

Dari total harga tersebut, sebesar USD3 juta atau setara dengan Rp45,078 miliar akan ditahan (Hold Amount) terlebih dahulu oleh IBM selama 18  bulan sejak tanggal penyelesaian transaksi.

Setelah 18 bulan sejak tanggal penyelesaian transaksi, IBM akan membayarkan holdback amount kepada pihak penjual ditambah bunga sebesar 3,88 persen per tahun.

Mengutip keterangan resmi emiten teknologi informasi itu yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (27/11/2023), bahwa rencana ini guna memangkas struktur perseroan yang sejalan dengan strategis pertumbuhan yang ditopang bisnis cloud dan digital solution, terutama pada perangkat keras serta melunasi utang.

Jelasnya, anak usaha itu akan meraup dana senilai Rp195,65 miliar dari hasil penjualan 73 persen saham Eguine Global.

Setelah memegang dana tersebut, Computrade Technology International akan melunasi utangnya kepada Bank Permata sebesar Rp118,1 miliar.

Perseroan pun akan menerima Rp50 miliar dari penjualan tersebut sebagai dividen tunai.

Dana itu oleh perseroan akan digunakan untuk pengembangan kegiatan usaha bidang perdagangan dan jasa termasuk electronic trading.

Sisanya, sebesar Rp27.557.631.092, yang merupakan retensi (holdback amount) kepada Bank Permata selaku Kreditur Computrade Technology International untuk pelunasan utang setelah pembayaran retensi diperoleh dari Bank Permata.

Namun rencana penjualan cucu usaha kepada pihak tidak terafilisi ini harus mendapat persetujuan pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 14 Desember 2023.

Jika mendapat lampu hijau, rencana itu akan dilanjutkan penandatanganan akta jual beli pada tanggal 18 Desember 2023.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.