Note

Siap-siap, Tahun Depan RI Mulai Produksi Baterai Kendaraan Listrik

· Views 46
Siap-siap, Tahun Depan RI Mulai Produksi Baterai Kendaraan Listrik
Ilustrasi/Foto: VCG via Getty Images/VCG
Jakarta

Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC), Toto Nugroho mengatakan, Indonesia mulai memproduksi baterai kendaraan listrik pada tahun 2024. Pada tahap pertama kapasitas produksi baterai kendaraan listrik mencapai 10 gigawatt hour.

"Jadi bisa dilihat di 2024 kita akan ada 10 gigawatt hour pertama, gigawatt pertama untuk otomotif," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, pabrik tersebut berlokasi di wilayah Karawang, Jawa Barat. Ia menyatakan pabrik itu merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai dan LG.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini yang kerja sama dengan Hyundai, sudah siap beroperasi, dengan LG di Karawang," tambahnya.

Pada kesempatan itu Toto menyebut IBC juga menargetkan pembangunan 5.000 stasiun penukaran baterai. Hal ini tak lain sebagai upaya untuk mencapai bauran energi terbarukan sebesar 13% pada tahun 2024.

"Kemudian juga pengisian sekitar 5.000 stasiun penukaran baterai. Dan intinya bagaimana kita ingin mencapai 13% campuran energi terbarukan di 2024, ini mendukung ke arah sana," bebernya.

Sementara itu pada tahun 2023 Toto menyebut Indonesia akan mampu memproduksi 500 gigawatt hour baterai kendaraan listrik, baik untuk kendaraan roda 2, roda 4, dan storage system.

"Nah di 2034 ini yang bisa kita lihat bahwa Indonesia memproduksi sekitar 50 gigawatt hour baterai. Ini untuk roda 2 dan roda 4 dan juga untuk energy storage system. Energy storage system sangat penting untuk kita melakukan support terhadap pengembangan EBT," imbuhnya.

(ily/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.