Note

Wijaya Karya (WIKA) Siap Serap PMN Rp6 Triliun via Rights Issue, Kapan?

· Views 38
Wijaya Karya (WIKA) Siap Serap PMN Rp6 Triliun via Rights Issue, Kapan?
Wijaya Karya (WIKA) Siap Serap PMN Rp6 Triliun via Rights Issue, Kapan?

IDXChannel - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menyiapkan skema rights issue untuk menampung penyertaan modal negara (PMN) dari pemerintah sebesar Rp6 triliun. 

Aksi korporasi berupa penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) itu diyakini dapat berkontribusi dalam upaya restrukturisasi utang perseroan.

Baca Juga:
Wijaya Karya (WIKA) Siap Serap PMN Rp6 Triliun via Rights Issue, Kapan? Wijaya Karya (WIKA) Garap 126 Proyek, 37 di antaranya PSN

“Untuk rencana PMN total adalah sebesar Rp6 triliun, yang sudah disetujui oleh pemerintah, untuk timeline-nya ada di kuartal I-2024, sesuai yang ditargetkan,” kata Corporate Secretary WIKA Mahendra Vijaya dalam Public Expose Live 2023, Senin (27/11/2023).

Agenda tersebut akan dimintakan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dalam waktu dekat. Harga pelaksanaan masih belum ditentukan, tetapi perseroan meyakini dapat mengantongi dana segar Rp3,2 triliun berdasarkan komposisi investor saat ini.

Baca Juga:
Wijaya Karya (WIKA) Siap Serap PMN Rp6 Triliun via Rights Issue, Kapan? WIKA Bangun Underpass Gatot Subroto dengan Nilai Proyek Rp218,84 Miliar

“Berdasarkan proporsi sekarang 65% (pemerintah) dan 35% (publik), WIKA berpotensi bisa menyerap sampai dengan Rp3,2 triliun. Namun itu kita lihat seberapa jauh market bisa menyerap dari saham tersebut,” tuturnya.

Wijaya Karya (WIKA) Siap Serap PMN Rp6 Triliun via Rights Issue, Kapan?

Selain serapan dana tersebut, perseroan juga berencana untuk melakukan divestasi aset investasi di sejumlah ruas jalan tol. Mahendra menyebut WIKA siap melepas kepemilikan dalam 5 ruas jalan tol.

“Memang perseroan berencana melepas aset-aset investasi perseroan berupa beberapa jalan tol, ada lima ruas jalan tol, di mana WIKA menyertakan modal di dalamnya, ada yang minor, ada yang mayor,” ujarnya.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.