Note

Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla

· Views 49
Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla
Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pemilik platform media sosial X sekaligus CEO Tesla Inc (TSLA) Elon Musk menggegerkan warganet karena tuduhan antisemitisme yang diarahkan kepadanya.

Guna meredam dugaan dirinya anti-Yahudi, Musk dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Presiden Isaac Herzog di Israel pada Senin (27/11/2023).

Baca Juga:
Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla Datangi Israel, Elon Musk akan Temui PM Netanyahu

Dilansir dari Reuters, kelompok hak-hak sipil sebelumnya menuduh Musk membiarkan konten anti-semitisme di X. Rencana kunjungan Musk ke Israel pertama kali dilaporkan TV Channel 12. Juru bicara Tesla dan X tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kunjungan Musk bertepatan dengan gencatan senjata selama empat hari antara Israel dan Hamas Palestina di Gaza. Musk sempat bertemu dengan Netanyahu di California pada 18 September. Dalam pertemuan tersebut, Netanyahu mendesak untuk memerangi ujaran kebencian di X.

Baca Juga:
Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla Pengiklan Ramai-Ramai Tinggalkan Platform X, Elon Musk Bisa Tekor Rp1,2 Triliun 

Saat itu, Musk menjawab bahwa ia menentang anti-semitisme. Dia juga menjamin X tidak akan mempromosikan ujaran kebencian.

Namun pada 15 November, Musk dikabarkan mengamini sebuah unggahan di X yang mengeklaim bahwa orang-orang Yahudi mengobarkan kebencian terhadap orang kulit putih. Kelompok Media Matters juga merilis laporan yang menunjukkan konten iklan kerap bersandingan dengan unggahan anti-semitisme dan ujaran kebencian.

Baca Juga:
Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla Sepak Terjang Sam Altman, Kongsi dengan Elon Musk hingga Dipecat OpenAI

Sebagai informasi, kata antisemitisme berarti prasangka atau kebencian terhadap Yahudi. Holocaust, pembantaian dan pembunuhan terhadap kaum Yahudi Eropa yang didukung oleh pemerintah Jerman Nazi dan kolaboratornya dari tahun 1933 hingga 1945, merupakan contoh antisemitisme paling ekstrem dalam sejarah.

Pada 1879, jurnalis Jerman Wilhelm Marr memperkenalkan istilah antisemitisme, yang berarti kebencian terhadap kaum Yahudi, dan juga kebencian terhadap beragam tren politik liberal, kosmopolitan, dan internasional pada abad ke-18 dan ke-19 yang sering dikaitkan dengan kaum Yahudi. 

Baca Juga:
Elon Musk Dicap Antisemit, Begini Nasib Saham Tesla Buntut Kontroversi Elon Musk, Apple Hentikan Iklan di X

Tren yang sering mendapat serangan di antaranya persamaan hak warga sipil, demokrasi konstitusional, perdagangan bebas, sosialisme, kapitalisme keuangan, dan pasifisme.

Antisemitisme dan Islamofobia telah meningkat di AS dan di seluruh dunia, terutama setelah pecahnya perang antara Israel dan Hamas pada 7 Oktober.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.