Note

Kredit Bank Mandiri (BMRI) Diproyeksi Tetap Stabil di 2024

· Views 53
Kredit Bank Mandiri (BMRI) Diproyeksi Tetap Stabil di 2024
Kredit Bank Mandiri (BMRI) Diproyeksi Tetap Stabil di 2024 (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memproyeksikan kualitas kredit tetap stabil di 2024.

Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, kualitas kredit Bank Mandiri secara bank only mengalami perbaikan rasio NPL sebesar 1,36% atau turun sebesar 50 basis poin hingga September 2023. 

Baca Juga:
Kredit Bank Mandiri (BMRI) Diproyeksi Tetap Stabil di 2024 Bank Mandiri (BMRI) Beberkan Sektor Penopang Pertumbuhan Kredit di 2023

Loan at risk ratio (LAR) juga turun 2,23% dari posisi akhir tahun lalu atau tercatat sebesar 9,87%. "Perbaikan ini mendorong adanya penurunan cost of credit atau CoC pada yang tadinya 1,21% di bulan Desember tahun lalu menjadi 0,73% di tahun ini," ujar Siddik dalam paparan Public Expose Live 2023 Bank Mandiri, Senin (27/11/2023).

Sejalan dengan perbaikan kualitas portofolio kredit tersebut, lanjut Siddik, kecukupan pencadangan juga mengalami penyesuaian yang dapat dilihat dari peningkatan persentase NPL coverage yang mencapai 339,6% di September 2023 dari Desember 2022 itu sebesar 311,1%.

Baca Juga:
Kredit Bank Mandiri (BMRI) Diproyeksi Tetap Stabil di 2024 Mandiri (BMRI) Optimistis Pertumbuhan Berlanjut hingga Akhir 2023

"Kami melihat tren perbaikan kualitas kredit ini akan berlanjut sampai dengan akhir tahun 2023 dan stabil di tahun 2024 mendatang," kata dia.

Menurut Siddik, kedepannya bank mandiri akan terus menerapkan dan mengeksekusi early warning mechanism dan watch listing process pada debitur-debitur dari portfolio baik itu ritel maupun wholesale untuk mendeteksi adanya penurunan kinerja.

Baca Juga:
Kredit Bank Mandiri (BMRI) Diproyeksi Tetap Stabil di 2024 Begini Prospek Dividen Bank Mandiri (BMRI)

"Sehingga kami dapat mengambil proactive actions melalui action-action untuk menghindari account tersebut downgrade," pungkas Siddik.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.