Note

Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil

· Views 76
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perbaikan telah memperlihatkan hasilnya. 

Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mencontohkan realisasi setoran dividen BUMN kepada negara menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan transformasi BUMN. 

Baca Juga:
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil Besok Saham AMOR-PDPP Masuk Ex Date, Awas Dividen Trap

"Kita patut mengapresiasi kinerja BUMN yang semakin baik, yang dicerminkan oleh setoran deviden BUMN kepada negara yang semakin meningkat," ujar Piter di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Menurut Piter, dividen BUMN kepada negara yang mencapai Rp 74,1 triliun merupakan hal yang positif. Realisasi ini tercatat untuk jangka waktu hingga Oktober dan berpotensi meningkat hingga tutup tahun. 

Baca Juga:
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil Lampaui Target, Sri Mulyani Happy Setoran Dividen BUMN Tembus Rp74 Triliun 

Piter menilai realisasi dividen yang 150 persen lebih tinggi dari target awal patut mendapatkan apresiasi. Hal ini menunjukkan hasil transformasi hingga bersih-bersih mendorong kondisi BUMN menjadi lebih sehat dan berdampak pada peningkatan kontribusi bagi negara. 

"Kinerja BUMN yang semakin baik tentu tidak terlepas dari reformasi BUMN yang terus dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir," ucap Piter.

Baca Juga:
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil Siap-Siap, Besok SOHO Bagikan Dividen Interim Rp250 Miliar

Piter menilai salah satu yang gebrakan besar Erick yang terbukti mendorong kinerja BUMN menjadi lebih efektif dan efisien ialah pembentukan holding. Piter mengatakan konsolidasi melalui holding membuat kerja-kerja BUMN menjadi lebih fokus dan terintegrasi antarBUMN dengan core business serupa. 

"Strategi pembentukan holding yang tujuannya meningkatkan fokus dari BUMN secara bertahap telah menunjukkan hasilnya," sambung Piter. 

Baca Juga:
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil BBCA Tebar Dividen Interim Jumbo Rp5,2 Triliun

Piter menyampaikan sejumlah persoalan dan tantangan yang masih menggelayuti sejumlah BUMN merupakan hal yang lumrah. Piter menyebut upaya perbaikan sejumlah BUMN, terutama yang bergerak di sektor infrastruktur memerlukan waktu dan penanganan yang komprehensif.   

"Kita juga harus mengakui masih banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh BUMN. Misalnya BUMN-BUMN karya. Tapi kalau saya melihatnya permasalahan tersebut masih bisa diatasi. Adalah tugas kementerian BUMN untuk segera mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan seluruh permasalahan di BUMN karya dan juga BUMN lainnya," kata Piter.

Baca Juga:
Dividen BUMN Tembus Rp74,1 Triliun, Pengamat: Reformasi Erick Thohir Berhasil Dividen Warren Buffet Diprediksikan Rp93 Triliun, Cuan Jumbo dari Tiga Saham

Salah satu BUMN dengan kontributor terbesar adalah BRI, dimana dari kinerja tahun buku 2022 tercatat sebesar Rp23,15 triliun atau 59,97% dari total dividen BRI di kontribusikan kepada negara. Kontribusi optimal BRI tersebut tidak lepas dari kinerja gemilang sepanjang tahun 2022 dengan pencapaian laba sebesar Rp51,41 triliun, angka tersebut menjadi yang terbesar di antara BUMN perbankan lainnya.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.