Note

Volume Produksi Adaro Minerals (ADMR) Naik 55 Persen Jadi 3,98 Juta Ton pada Januari-September 2023

· Views 32
Volume Produksi Adaro Minerals (ADMR) Naik 55 Persen Jadi 3,98 Juta Ton pada Januari-September 2023
Volume Produksi Adaro Minerals (ADMR) Naik 55 Persen Jadi 3,98 Juta Ton pada Januari-September 2023. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) mencatat volume produksi sebesar 3,98 juta ton dengan penjualan yang mencapai 3,01 juta ton pada sembilan bulan pertama 2023 (9M23), masing-masing naik 55% dan 38% dibandingkan periode serupa tahun lalu.

Pendapatan usaha ADMR pada 9M23 naik 8% menjadi USD720,6 juta karena kenaikan 38% pada volume penjualan yang diofset dengan penurunan 21% pada harga jual rata-rata (ASP). Produk batu bara metalurgi ADMR yang berkualitas tinggi dijual ke berbagai produsen baja di Jepang, China, India, Indonesia, dan Korea Selatan.

Baca Juga:
Volume Produksi Adaro Minerals (ADMR) Naik 55 Persen Jadi 3,98 Juta Ton pada Januari-September 2023 ADMR hingga JARR Masuk Papan Utama, KRAS-VICO Tersingkir  

EBITDA operasional 9M23 sebesar USD358,1 juta, setara dengan penurunan 13%, karena kenaikan biaya dan penurunan harga jual rata-rata (ASP). Laba inti turun 11% menjadi USd258,1 juta. EBITDA operasional dan laba inti tidak memperhitungkan komponen non operasional sehingga mencerminkan kinerja bisnis inti.

"Di tengah tantangan lingkungan eksternal, kinerja ini mencerminkan kemampuan perusahaan untuk mencatat pertumbuhan produksi, yang menunjang profitabilitas. Permintaan terhadap produk batu bara kokas keras premium tetap tinggi, sehingga kami pun tetap yakin akan dukungan struktural terhadap bisnis perusahaan," kata Presiden Direktur ADMR Christian Ariano Rachmat dalam acara Public Expose Live BEI 2023 pada Senin (27/11/2023).

Baca Juga:
Volume Produksi Adaro Minerals (ADMR) Naik 55 Persen Jadi 3,98 Juta Ton pada Januari-September 2023 Adaro Minerals (ADMR) Raup Laba Rp3,98 Triliun, Susut 11,87 Persen

Sementara itu, volume pengupasan lapisan penutup naik 128% menjadi 13,81 juta bank cubic meter (bcm), dengan nisbah kupas mencapai 3,47x, dibandingkan 2,36x pada 9M22.

ADMR mengeluarkan USD95,7 juta belanja modal selama 9M23, karena konstruksi smelter aluminium telah dimulai dan proyek-proyek infrastruktur di Maruwai terus berlanjut.

Baca Juga:
Volume Produksi Adaro Minerals (ADMR) Naik 55 Persen Jadi 3,98 Juta Ton pada Januari-September 2023 Laba Adaro Minerals (ADMR) Menyusut 19% di Semester I-2023

PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) telah memilih seluruh kontraktor utama untuk konstruksi dan instalasi smelter. KAI juga telah merampungkan pembukaan lahan untuk mess permanen, pemecah gelombang untuk jeti (coastal jetty breakwater), maupun konstruksi fasilitas pendukung, pekerjaan tanah (earthworks), dan konstruksi jeti sementara, serta terus melaksanakan konstruksi fasilitas infrastruktur lainnya. 

“Lebih lanjut, konstruksi smelter aluminium dan fasilitas pendukungnya terus menunjukkan kemajuan yang baik. Proyek ini diharapkan akan rampung pada Q3 2025, yang merupakan peristiwa penting dalam upaya kami untuk mendukung inisiatif hilirisasi Indonesia di kawasan industri hijau di Kaltara.” lanjutnya.

(WHY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.