Note

Cermati, Ini Sederet Katalis Positif yang Bikin Saham ARTO Hampir Bagger Sebulan!

· Views 49
Cermati, Ini Sederet Katalis Positif yang Bikin Saham ARTO Hampir Bagger Sebulan!
Cermati, Ini Sederet Katalis Positif yang Bikin Saham ARTO Hampir Bagger Sebulan. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Berbagai sentimen positif turut mendorong kenaikan harga saham Bank Jago dalam sebulan terakhir. Emiten saham bank digital dengan kode ARTO tersebut berhasil mencatatkan apresiasi harga signifikan bahkan hampir bagger.

Harga saham Bank Jago dalam sebulan terakhir tercatat telah menguat 91,93% dan menjadi top gainer di klasemen saham bank digital maupun bank konvensional. Di saat yang sama, apresiasi harga saham Bank Jago juga terdorong oleh adanya inflow dana asing yang besar. 

Baca Juga:
Cermati, Ini Sederet Katalis Positif yang Bikin Saham ARTO Hampir Bagger Sebulan! Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan di Level Rp1.110.000 per Gram

Untuk periode 20-24 November 2023, investor asing telah melakukan pembelian bersih saham Bank Jago senilai Rp92,1 miliar. Net buy asing tersebut terjadi dalam 5 hari perdagangan secara beruntun. Analis sepakat fenomena ini lantaran emiten berkode ARTO tersebut masuk ke indeks MSCI Indonesia Small Cap yang akan efektif per awal Desember 2023. 

Masuknya saham Bank Jago menjadi konstitiuen indeks MSCI dinilai menjadi katalis jangka pendek untuk harga sahamnya. Sementara katalis jangka menengah dan panjang datang dari fundamental bisnis yang solid serta prospek yang cerah. 

Baca Juga:
Cermati, Ini Sederet Katalis Positif yang Bikin Saham ARTO Hampir Bagger Sebulan! Kemnaker Sebut Pekerja Migran Indonesia Minim Memiliki Jamsos

Analis Ciptadana Sekuritas Erni Marsella Siahaan CFA dalam laporan risetnya menilai tahun 2024 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi Bank Jago lantaran penyaluran kredit, terutama melalui mitra strategis GTF (GoTo Financials), akan tercatat di neraca perusahaan. 

“Katalis bagi ARTO adalah pertumbuhan pinjaman yang lebih kuat dari perkiraan, yang akan meningkatkan ukuran aset dan mengoptimalkan rasio pinjaman terhadap aset ke tingkat yang lebih optimal.” tulis Erni dalam risetnya. 

Baca Juga:
Cermati, Ini Sederet Katalis Positif yang Bikin Saham ARTO Hampir Bagger Sebulan! Kenapa Pinjaman Akulaku Hanya Rp300 Ribu? Ternyata Ini Alasannya

Di sisi lain Ia juga memprediksi ARTO berpotensi mempertahankan NIM (Net Interest Margin) sebesar dobel digit seiring dengan likuiditas yang melimpah terutama CoF (Cost of Fund) dan imbal hasil aset yang tetap terjaga. Bank Jago unggul di biaya dana berkat produk baru GoPay Tabungan yang memberikan bunga simpanan hanya 2,5%. Sementara, bank digital lainnya berlomba lomba memberikan bunga simpanan tinggi, antara lain Bank Saqu sebesar 10%, BBYB dan Seabank di kisaran 8%

Abdul Azis dari Kiwoom Sekuritas memprediksi rasio CASA Bank Jago akan tetap tinggi menyusul peluncuran produk GoPay Tabungan by Jago pada akhir 18 Oktober 2023 lalu. Dalam sepekan, jumlah pengguna GoPay Tabungan by Jago telah mencapai lebih dari 200.000 akun.

Secara umum, saham Bank Jago merupakan saham bank digital Indonesia yang paling banyak dicover oleh analis. Menurut konsensus Bloomberg, ada 18 analis yang memberikan rekomendasi saham Bank Jago di mana 13 menyematkan rating buy dan 5 lainnya hold. Tidak ada analis yang merekomendasikan Sell.

Terbaru, analis Indo Premier Jovent Muliadi menaikkan rating dari hold menjadi buy dengan target harga dinaikkan dari 1.850 menjadi 3.500. Selain Indopremier, HSBC, JP Morgan dan Sinarmas Sekuritas juga menaikkan rating Bank Jago menjadi Buy. 

Secara rata-rata, target price ARTO untuk 12 bulan ke depan mencapai 2.694,86. Dengan level penutupan 3.090, target harga tersebut telah terlampaui. Selanjutnya, saham ARTO berpotensi melewati target price yang ditetapkan BNI Securities (3.700), Citi (3.550), dan Morgan Stanley (3.208).

(*)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.