Note

Perluas Ekspansi, Ekalya (ELPI) Garap Bisnis Support Drilling Rig di Malaysia

· Views 51
Perluas Ekspansi, Ekalya (ELPI) Garap Bisnis Support Drilling Rig di Malaysia
Perluas Ekspansi, Ekalya (ELPI) Garap Bisnis Support Drilling Rig di Malaysia (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) mengumumkan keberhasilannya memperluas ekspansi dengan mendapatkan kontrak di Sarawak Malaysia atas kapal Platform Support Vessel.

Didapatkannya kontrak tersebut bertepatan dengan keikutsertaan perusahaan dalam Forum Kapasitas Nasional III (Forkapnas) 2023, Jakarta Convention Center, Jumat (24/11/2023) lalu.

Baca Juga:
Perluas Ekspansi, Ekalya (ELPI) Garap Bisnis Support Drilling Rig di Malaysia Menjanjikan, Begini Proyeksi Bisnis Ekalya Purnamasari (ELPI) di Mata Analis

Kontrak kerja sama didapat ELPI melalui anak usahanya yang baru saja diakuisisi pada awal tahun ini, yaitu KAZO Marine SDN BHD.

"Alhamdulillah hari ini kami berhasil menandatangani kontrak kerja sama dengan NKA Energy Ventures SDN BHD dan PERPETRO SDN BHD untuk pekerjaan Support Drilling Rig di Malaysia. Tepatnya di SARAWAK SHELL BERHAD SABAH SHELL PETROLEUM COMPANY LIMITED," ujar Corporate Secretary ELPI, Wawan Heri Purnomo, dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Perluas Ekspansi, Ekalya (ELPI) Garap Bisnis Support Drilling Rig di Malaysia Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg untuk Usaha Rumahan

Menurut Wawan, Kapal Anggek 7501 merupakan Platform Support Vessel (PSV) yang menjadi satu dari 10 dari kebutuhan PERPETRO. Karenanya, pihak ELPI mengaku antusias sekaligus bangga menjadi pebisnis lokal Indonesia yang dapat bersaing di dunia internasional.

Sementara, Chief Operating Officer ELPI, Capt Dave Ritandhaka, menyebut bahwa keberadaan PSV Anggek 7501 ini nantinya mendukung untuk pekerjaan penunjang rig lepas pantai yang digunakan oleh shell dengan end user SARAWAK SABAH SHELL.

Baca Juga:
Perluas Ekspansi, Ekalya (ELPI) Garap Bisnis Support Drilling Rig di Malaysia Ekalya Purnamasari (ELPI) akan Kembangkan Multicat Hybrid Power Vessel

"Di mana, mereka diperkirakan bakal on fire di awal Februari 2024, dengan masa kontrak selama dua tahun lebih. Total kontrak untuk pekerjaan tersebut dengan para pihak ELPI, NKA Energy dan PERPETRO ini mencapai +200 milliar," tutur Wawan.

"ELPI cukup optimistis atas kontrak ini akan memberikan kinerja positif secara tidak langsung. Saat ini kami sedang mempelajari potensi dan terkait model bisnis kedepannya dengan NKA dan /ataupun dengan company lokal Malaysia lainnya untuk memenuhi kebutuhan supply kapal offshore di Malaysia," ujar Direktur Utama ELPI, Eka Taniputra, dalam kesempatan terpisah.

Kondisi pasar Malaysia sendiri, dijelaskan Wawan, saat ini masih kekurangan terhadap armada kapal offshore penunjang kegiatan explorasi minyak dan gas.

Bahkan ELPI siap akan membangun kapal baru jika terdapat kontrak jangka panjang dan skema bisnis yang pernah ada berubah.

Untuk wilayah kerja di malaysia sendiri saat ini terbagi menjadi tiga wilayah area, yaitu, Semenanjung Malaysia, Sarawak Malaysia dan Sabah Malaysia, yang mana mereka memberikan pembagian, keutamaan atau privilage bagi perusahaan sesuai dengan domisilinya atau Local Registry Company yang diberikan prioritas untuk berpartisipasi.
 
Dan sejalan dengan policy ELPI untuk ekspansi overseas dimana KAZO Marine SDN BHD termasuk di Semenanjung sedangkan NKA Energy berada di SARAWAK yang mana hal ini kedepannya memberikan ELPI dapat lebih mengekslporasi pekerjaan offshore di Malaysia secara menyeluruh oleh. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.