Note

GOTO Jadi Primadona Sepekan di Bursa, Masuk Saham Paling Diburu Asing

· Views 56
GOTO Jadi Primadona Sepekan di Bursa, Masuk Saham Paling Diburu Asing
GOTO Jadi Primadona Sepekan di Bursa, Masuk Saham Paling Diburu Asing. (Foto MNC Media)

IDXChannel - Sejumlah saham juga menjadi primadona investor asing di mana pada perdagangan Jumat (25/11/2023) mencatatkan nilai jual bersih saham sebesar Rp943,48 miliar. Sepanjang 2023, investor asing telah mencatatkan nilai jual bersih saham sebesar Rp14,24 triliun. 

Sejumlah saham yang menjadi primadona investor asing pekan ini antara lain BBRI, GOTO, BBNI, AMMN, BMRI.

Baca Juga:
GOTO Jadi Primadona Sepekan di Bursa, Masuk Saham Paling Diburu Asing TikTok Berencana Investasi di GOTO? Ini Tanggapan Analis

Data perdagangan saham di BEI selama periode tanggal 20 sampai dengan 24 November 2023 juga ditutup positif. 

Hal ini tercermin dari kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir pekan ini yang berhasil kembali di level psikologis 7.000. IHSG pada perdagangan Jumat (24/11/2023) ditutup pada level 7.009,631 atau mengalami kenaikan sebesar 0,46 persen dari level 6.977,668 pada penutupan pekan yang lalu. 

Baca Juga:
GOTO Jadi Primadona Sepekan di Bursa, Masuk Saham Paling Diburu Asing Saham BREN, GOTO, hingga Bank Big Four Bawa IHSG Tembus 7.000 Lagi

Di samping itu, rata-rata volume transaksi harian saham yang mengalami kenaikan, yaitu sebesar 29,18 persen menjadi 21,88 miliar lembar saham dari 16,94 miliar lembar saham pada pekan sebelumnya. 

Rata-rata nilai transaksi harian saham sepanjang pekan juga turut mengalami peningkatan sebesar 10,89 persen menjadi Rp9,57 triliun dari pekan sebelumnya yang hanya mencapai Rp8,63 triliun. 

Baca Juga:
GOTO Jadi Primadona Sepekan di Bursa, Masuk Saham Paling Diburu Asing Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung?

Rata-rata frekuensi transaksi harian saham juga meningkat sebesar 4,35 persen menjadi 1.123.494 kali transaksi dari pekan sebelumnya sebesar 1.076.690 pada pekan yang lalu. 

Kapitalisasi pasar saham pekan ini juga turut naik sebesar 0,17 persen menjadi Rp11,05 triliun dari pekan sebelumnya Rp11,04 triliun.

Berikut kinerja sejumlah emiten yang paling banyak diborong asing sepekan.

BBRI

Saham emiten bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatatkan beli asing (net foreign buy) mencapai Rp178,2 miliar. BBRI menjadi saham yang paling banyak diborong asing pekan ini. Adapun kinerja saham BBRI juga menguat 0,93 persen di level Rp5.400 per lembar saham pada penutupan perdagangan Jumat.

GOTO

Di urutan ke dua, emiten jasa ride hiling PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berada di posisi kedua dengan net foreign buy terbesar sepekan. Nilai beli asing saham GOTO bahkan mencapai Rp135 miliar.

Pekan ini menjadi pekan yang semringah bagi GOTO karena sahamnya terus mengalami penguatan. Saham GOTO ditutup sideways di level Rp94 per lembar saham pada Jumat (24/11/2023). Adapun selama sepekan, saham GOTO menguat 11,9 persen dan secara ytd, saham GOTO juga menguat 3,3 persen.

Diketahui, kabar media sosial TikTok yang tengah menjajaki peluang investasi terhadap entitas GOTO membuat investor optimistis.

BBNI

Saham bank pelat merah lainnya, yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) juga mencatatkan net foreign buy ketiga terbesar dengan transaksi mencapai Rp122,1 miliar.

Saham BBNI juga menguat selama sepekan dengan kenaikan 4,42 persen di level Rp5.200 per lembar saham. 

AMMN

Emiten tambang terafiliasi dengan grup Salim, PT Amman Mineral International Tbk. (AMMN) juga berada di urutan empat net foreign buy terbesar mencapai Rp99,9 miliar.

Saham AMMN menguat 3,62 persen pada penutupan perdagangan Jumat, namun melemah 5,61 persen selama sepekan.

BMRI

Di urutan terakhir emiten bank big cap, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatatkan net foreign buy sebesar Rp74,8 miliar. 

Dalam perdagangan sepekan, saham BMRI masih ditutup melemah 0,42 persen di level Rp5.875 per lembar saham. Secara year to date (ytd), saham BMRI menguat 18,39 persen.

(YNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.