Note

USD/JPY: Yen Kembali Ke Posisi Awal

· Views 56

Pasangan USD/JPY telah berada di zona turbulensi harga selama hampir sebulan. Pada akhir Oktober, setelah banyak pertimbangan, pembeli akhirnya memutuskan untuk menyerbu level 150 meskipun ada risiko reaksi pembalasan dari otoritas Jepang. Misi pengintaian berjalan dengan baik-pedagang menetap di atas target 150.00, sementara pemerintah Jepang tidak berani melakukan intervensi lagi. Dan karena nafsu makan datang dengan makan, bulls USD/JPY memutuskan untuk tidak berhenti pada apa yang telah mereka capai dan terus naik lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.

Setelah mencapai level tertinggi tahunan pada 13 November (151.92), para trader berhenti, mungkin mengingat bahwa pada level 151.96, kesabaran otoritas Jepang telah meledak pada tahun 2022 - intervensi mata uang besar-besaran dilakukan, memperkuat yen beberapa ribu poin.

Namun, bukan ketakutan akan tindakan pembalasan yang membalikkan pasangan ini, melainkan melemahnya greenback di tengah perlambatan inflasi Oktober di Amerika Serikat. Penjual USD/JPY mengambil inisiatif dan menarik pasangan ini turun ke 147.17 (harga terendah dua bulan). Di area harga ini, minat pada posisi long muncul kembali. Para trader memainkan laporan inflasi Amerika, setelah itu dolar secara bertahap mulai memulihkan posisinya. Pembeli memainkan hal ini, mengembalikan pasangan ke level 149 selama seminggu.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY: Yen Kembali Ke Posisi Awal

Pada intinya, yen kembali ke posisi awal - sepanjang sebagian besar bulan Oktober, pasangan ini diperdagangkan di kisaran harga 148.50-149.90. Yen yang lemah mendorong pasangan ini naik, namun saat mendekati batas level 150, momentum kenaikan memudar.

Hari ini, pasangan ini juga berada di level 149. Mengingat latar belakang fundamental saat ini, dapat diasumsikan bahwa pembeli USD/JPY akan kembali menguji level resistance di 150.20 (garis tengah indikator Bollinger Bands pada grafik harian) untuk memantapkan diri mereka di area 150. Terlepas dari kelemahan Greenback secara keseluruhan, skenario ini tampaknya paling mungkin terjadi. Tidak seperti pasangan mata uang utama lainnya, USD/JPY merupakan pasangan yang lebih lemah untuk Dolar.

Isu utama untuk yen adalah kebijakan Bank of Japan. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Gubernur BOJ Kazuo Ueda sekali lagi menyatakan bahwa melonggarkan kebijakan moneter ultra-longgar akan menjadi "masalah serius" bagi regulator Jepang. Dia mencatat kemajuan dalam mencapai target inflasi namun menyatakan bahwa masih terlalu dini bagi regulator untuk menentukan waktu normalisasi kebijakan moneter.

Perlu dicatat bahwa kata-kata ini diucapkan sebelum rilis data pertumbuhan inflasi di Jepang untuk bulan Oktober. Indikator-indikator utama sekali lagi menunjukkan "kekeraskepalaan" mereka, sehingga menunda prospek regulator Jepang untuk mengkalibrasi kebijakan moneternya.

Dengan demikian, Indeks Harga Konsumen keseluruhan yang dipublikasikan hari ini, setelah tren penurunan selama dua bulan, telah naik lagi menjadi 3.3% (tingkat pertumbuhan tertinggi sejak Juli tahun ini). CPI Inti, tidak termasuk makanan segar (indikator utama yang dipantau oleh Bank of Japan), naik 2.9% secara tahunan di bulan Oktober, menyusul kenaikan 2.8% di bulan September. Indikator inflasi ini telah berada di atas target Bank of Japan sebesar 2% selama 19 bulan berturut-turut.

Struktur laporan ini menunjukkan bahwa di bulan Oktober, harga makanan mengalami kenaikan terbesar (8.6%), diikuti oleh perabot dan barang-barang rumah tangga (6.9%). Pakaian dan alas kaki juga mengalami kenaikan harga (sebesar 3%), begitu juga dengan transportasi (sebesar 3.2%), layanan pendidikan (1.3%), dan layanan medis (sebesar 2.3%). Sementara itu, layanan utilitas menjadi lebih murah (sebesar 10%), terutama karena penurunan biaya listrik dan gas.

Seperti yang bisa kita lihat, inflasi Jepang tetap berada di atas level target dan secara bertahap mendapatkan momentum. Laporan ini harus dipertimbangkan bersama dengan data makroekonomi lain yang diterbitkan minggu lalu. Terungkap bahwa PDB Jepang pada kuartal ketiga turun 0.5% (kontraksi pertama sejak kuartal keempat 2022). Para ahli memperkirakan penurunan yang lebih sederhana sebesar 0.1%. Hasil kuartal kedua direvisi ke bawah (pertumbuhan 1.1%, bukan 1.2% seperti yang diumumkan sebelumnya). Secara tahunan, ekonomi Jepang mengalami kontraksi sebesar 2.1% (dibandingkan dengan perkiraan kontraksi 0.6%), menyusul pertumbuhan 4.5% pada kuartal kedua tahun ini.

Hasil ini tidak mendukung yen. Jelas bahwa Bank of Japan tidak akan mempertimbangkan untuk keluar dari kebijakan saat ini di masa mendatang (bahkan secara hipotesis), mempertahankan kesetiaan pada pendekatan ultra-longgar. Sementara itu, banyak perwakilan Federal Reserve masih menunjukkan sikap hawkish, menyatakan bahwa tingkat suku bunga akan dipertahankan pada level saat ini untuk waktu yang lama dan, jika perlu, bank sentral akan melakukan pengetatan kebijakan moneter tambahan.

Latar belakang fundamental saat ini berkontribusi pada kenaikan USD/JPY-setidaknya menuju level resistance pertama di 150.20, yang sesuai dengan garis tengah indikator Bollinger Bands pada grafik harian.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.