Note

Sederet Saham Paling Cuan di IDXTechno 2023, Capital Gain Jangka Pendek dan Menengah

· Views 56
Sederet Saham Paling Cuan di IDXTechno 2023, Capital Gain Jangka Pendek dan Menengah
Sederet Saham Paling Cuan di IDXTechno 2023, Capital Gain Jangka Pendek dan Menengah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Artikel ini akan mengulas saham paling cuan di IDXTechno 2023. Sebulan terakhir, indeks saham teknologi ini mulai bergerak aktif. Pada 25 Oktober, IDXTechno ditutup pada level 3.875.

Namun hari ini ditutup pada level 4.892, saham teknologi yang ramai diperdagangkan hari ini adalah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). 

Baca Juga:
Sederet Saham Paling Cuan di IDXTechno 2023, Capital Gain Jangka Pendek dan Menengah Harta 10 Orang Terkaya di Dunia Susut Dipicu Saham Teknologi Terkoreski Dalam

Pada perdagangan hari ini, GOTO ditutup pada harga Rp94 per saham setelah bergerak sideways di kisaran Rp60-an per saham pada pertengahan Oktober hingga awal November, menyusul aksi penjualan saham oleh founder. 

GOTO juga mendapatkan sentimen positif dari kabar yang menyebutkan bahwa ByteDance Ltd berencana untuk berinvestasi pada unit bisnis GOTO. Sehingga dalam sepekan terakhir, harga GOTO cukup terapresiasi hingga menyentuh Rp94/saham hari ini. 

Baca Juga:
Sederet Saham Paling Cuan di IDXTechno 2023, Capital Gain Jangka Pendek dan Menengah Inilah 8 Saham Teknologi dengan Kenaikan Tertinggi Sepanjang 2023

Sementara EMTK mendapat sentimen positif usai rebalancing konstituen indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI). Emiten ini masuk dalam jajaran konstituen MSCI Small Cap Indexes bersama PT Bank Jago Tbk (ARTO). 

GOTO dan EMTK adalah dua saham dalam indeks IDXTechno dengan tingkat perdagangan tinggi. Dalam satu bulan terakhir, Tradingview mencatat harga EMTK terapresiasi 14,55%, sementara GOTO terapresiasi 49,21%. 

Pada 24 Oktober silam, GOTO masih diperdagangkan di harga Rp64/saham, namun pada penutupan hari ini GOTO ditutup pada harga Rp94/saham. Pada rentang waktu yang sama, EMTK yang semula ditutup pada harga Rp545/saham, hari ini ditutup pada harga Rp630/saham. 

Tidak mengherankan jika dua saham teknologi ini menjadi salah satu kegemaran para trader yang mengejar cuan dari capital gain dalam jangka pendek ataupun menengah. Namun jika ditarik hingga awal tahun, keduanya belum menunjukkan uptren. 

Berdasarkan catatan Tradingview, harga GOTO tumbuh 3,30% secara year to date. Sementara harga EMTK malah turun hingga 38,83%. Sehingga, kedua saham ini mendatangkan cuan dalam jangka pendek. 

Saham teknologi yang mencatatkan kenaikan harga tertinggi saat ini adalah PT Indointernet Tbk (EDGE), yang hari ini ditutup pada harga Rp9.050/saham. Pada 2 Januari, EDGE ditutup pada harga Rp4.000/saham. 

Artinya, pemegang saham EDGE sejak awal tahun ini, sekarang tengah menikmati cuan dari pertumbuhan harga saham yang tercatat mencapai hingga 126,53%. 

EDGE breakout dari masa sideways hampir selama tiga kuartal 2023, tepatnya pada 20 November silam, di mana harga penutupannya berada di level Rp5.600/saham, dan terus naik hingga hari ini. Namun, perdagangan EDGE tidak seramai GOTO dan EMTK. 

Itulah ulasan singkat tentang saham paling cuan di IDXTechno 2023, EMTK dan GOTO memberikan cuan dalam jangka pendek. Namun EDGE mencatatkan capital gain tertinggi sepanjang tiga kuartal 2023. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.