Note

12 Nama Perusahaan Teknologi Terbesar di Korea Selatan, Market Cap Ribuan Triliun

· Views 40
12 Nama Perusahaan Teknologi Terbesar di Korea Selatan, Market Cap Ribuan Triliun
12 Nama Perusahaan Teknologi Terbesar di Korea Selatan, Market Cap Ribuan Triliun. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Ada beberapa nama perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan. Beberapa produk elektronik dan teknologi asal negeri gingseng ini mulai merajalela di pasaran, bahkan bersaing ketat dengan produk andalan Amerika Serikat. 

Samsung Electronics Co. Ltd. adalah perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan, sekaligus perusahaan terbuka terbesar, dengan kapitalisasi pasar mencapai USD363,38 miliar. Nilai ini setara dengan Rp5.663 triliun. 

Baca Juga:
12 Nama Perusahaan Teknologi Terbesar di Korea Selatan, Market Cap Ribuan Triliun 5 Perusahaan Logistik Terbesar di Indonesia, Apa Saja?  

Saham Samsung Electronics diperdagangkan di beberapa bursa efek, yakni di Korea Exchange, London Stock Exchange (LSE), dan Luxembourg Stock Exchange (LuxSE). Hari ini, saham Samsung diperdagangkan di harga KRW71.700 per saham. 

Berdasarkan catatan Statista, tahun lalu Samsung mencatatkan pendapatan senilai USD232,56 miliar, dengan perolehan laba bersih mencapai USD43,1 miliar. 

Masyarakat Indonesia mengenal Samsung sebagai produsen elektronik, smartphone, tablet, dan laptop. Namun sebenernya, Samsung bergerak di bidang industri yang cukup beragam, mulai dari barang elektronik, semikonduktor, peralatan medis, dan lain-lain. 

Samsung Elektronics merupakan bagian dari konglomerat—atau chaebol—Samsung Grup, yang saat ini memiliki 13 anak usaha di bawah bendera merek Samsung. Perusahaan induk ini berdiri pada 1938 sebagai perusahaan perdagangan kecil dengan 40 karyawan. 

Saat ini, Samsung Elektronics merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, bersaing secara ketat bersama Apple. Perusahaan ini juga dikenal sebagai produsen televisi terbesar di dunia. 

Selain Samsung Electronics, ada beberapa perusahaan teknologi terbesar lainnya di Korea Selatan, dikutip dari Companiesmarketcap, inilah perusahaan teknologi Korea Selatan terbesar berikut kapitalisasi pasarnya: 

  • Samsung Electronics USD363,38 miliar
  • SK Hynix USD69,83 miliar
  • Samsung Biologics USD38,63 miliar
  • Coupang USD29,05 miliar
  • Naver USD23,67 miliar
  • Kakao USD16,92 miliar
  • LG Electronics USD13,69 miliar
  • SK Telecom USD8,65 miliar
  • Hanwha Aerospace USD4,64 miliar
  • Kakao Pay USD4,63 miliar
  • NCSoft USD4,18 miliar
  • Netmarble USD3,48 miliar 

Dari seluruh nama perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan ini, masyarakat Indonesia—khususnya penggemar KPop dan KDrama—mungkin familier dengan Naver, Kakao, dan Netmarble. 

Naver merupakan perusahaan yang mengoperasikan mesin pencarian terpopuler di Korea Selatan. Sementara Kakao adalah perusahaan yang mengoperasikan aplikasi chat messaging yang banyak digunakan masyarakat Korea. Sementara Netmarble adalah perusahaan yang membangun gim. 

Itulah sederet perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan yang menarik untuk diketahui. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.