Note

Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung?

· Views 57
Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung?
Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Kabar media sosial TikTok yang tengah menjajaki peluang investasi terhadap entitas PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) semakin membuat investor optimistis.

Ini terlihat dari kinerja saham GOTO yang masih menguat 1,06 persen di level Rp95 per lembar saham memasuki perdagangan sesi II hari ini (24/11/2023) per pukul 14.01 WIB.

Baca Juga:
Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung? Tak Cuma Tokopedia, Ternyata TikTok Juga PDKT ke E-Commerce Ini

Pada perdagangan hari sebelumnya, saham GOTO juga menguat 11,9 persen di level Rp94 per lembar saham.

Diketahui sebelumnya, Bloomberg News melaporkan menyebut platform jejaring sosial tersebut bakal masuk ke dalam unit investasi ritel milik GOTO, yakni Tokopedia dikutip Kamis (23/11/2023).

Baca Juga:
Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung? Baru 20 Persen Pelanggan Eks TikTok Shop Pindah ke E-commerce, Sisanya ke Mana?

Menanggapi kabar ini, Investment Analyst Lead Stockbit Edi Chandren mengatakan potensi kolaborasi kedua perusahaan dapat memberi dampak positif bagi GOTO melalui kenaikan traffic dan transaksi di Tokopedia.

Jika sinergi keduanya terwujud, maka berpeluang mendorong gross-transaction-value (GTV) GOTO segmen e-commerce yang pada kuartal III mengalami kontraksi di level 9-11 persen.

Baca Juga:
Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung? Teten Sebut Keputusan Pemerintah Tutup TikTok Shop Dapat Pujian Dunia

“Namun, seberapa besar dampak positif yang dihasilkan akan bergantung kepada kesepakatan final kedua pihak (who gets what),” kata Edi dalam Stocbit Commentary, Kamis (23/11/2023).

TikTok yang sempat terganjal izin TikTokShop-nya beberapa waktu lalu dipandang masih tetap ingin memiliki keberadaaan di Indonesia mengingat skala pasar yang besar. Ini dinilai bakal membangun pasar yang kompetitif.

“Kami menilai kedua pihak punya aspirasi untuk mencapai kesepakatan win-win. Kolaborasi ini dapat membantu GOTO bersaing di sektor e-commerce yang kompetitif,” papar Edi.

Kinerja GOTO Bisa Melesat

Jika kolaborasi GOTO dengan TikTok terjadi, maka bukan tidak mungkin kinerja emiten yang dipimpin Patrick Walujo ini akan semakin bersinar di tengah kinerja keuangan yang belum sepenuhnya membaik.

Jika mengacu pada kinerja keuangan, GOTO masih mencatatkan rugi bersih mencapai Rp9,55 triliun sepanjang kuartal III-2023.

GOTO juga membukukan total nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) sebesar Rp443,5 triliun sejak awal tahun hingga akhir kuartal III-2023. Realisasi itu turun 1,76 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya (yoy) sebesar Rp451,47 triliun.

Di tengah penurunan kinerja ini, sepanjang Januari-September 2023 nilai transaksi segmen bisnis e-commerce GOTO, yakni Tokopedia, tercatat menurun 9,31 persen yoy menjadi Rp183,5 triliun. Penurunan juga terjadi pada nilai transaksi segmen bisnis on demand, yaitu Gojek, yang turun 8,47 persen yoy menjadi Rp40,38 triliun. (Lihat grafik di bawah ini.)

Akankah GOTO Makin Perkasa Jika TikTok Resmi Gabung?

Menurut pihak manajemen, penurunan nilai transaksi GOTO, termasuk pada Gojek dan Tokopedia, disebabkan oleh penurunan insentif dan pemasaran produk, yang berimbas pada penurunan jumlah konsumen.

“Penurunan GTV disebabkan berkurangnya konsumen non-profitabel sebagai dampak dari pengurangan insentif yang signifikan sepanjang setahun terakhir,” ujar manajemen GOTO, Senin (30/10/2023).

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.