Note

Jokowi Groundbreaking Pabrik Pupuk Pertama di Papua, Selesai 2038

· Views 34
Jokowi Groundbreaking Pabrik Pupuk Pertama di Papua, Selesai 2038
Foto: Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan pabrik pupuk pertama di kawasan timur Indonesia. Tepatnya, kawasan industri Pupuk Fakfak di Papua Barat.

Jokowi menyambut baik pembangunan kawasan industri pupuk Papua agar kawasan timur Indonesia memiliki industri pupuk sendiri. Selama 40 tahun ini industri pupuk hanya tersebar di Indonesia bagian barat saja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sudah 40 tahun kita memiliki lima industri pupuk, semuanya berada di kawasan barat wilayah negara kita Indonesia, yang kawasan timur belum ada sama sekali," ujar Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat (24/11/2023).

Jokowi mendorong agar pembangunan konstruksi kawasan tersebut segera dilaksanakan dan dapat diselesaikan pada tahun 2038. Investasinya pun besar Rp 30 triliun. Nantinya pabrik pupuk tersebut dapat memiliki kapasitas produksi hingga 1,15 juta ton pupuk urea dan 825 ribu ton amonia setiap tahunnya.

"Memang ini proyek yang sangat besar, dengan investasi kurang lebih Rp 30 triliunan," sebut Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menilai pembangunan kawasan industri pupuk tersebut dilakukan di Kabupaten Fakfak dikarenakan dekat dengan sumber suplai gas dan ke depannya dapat mendukung rencana besar pembangunan lumbung pangan di Papua.

"Kalau itu dimulai tidak di-back up oleh industri pupuknya, ini juga akan berat. Oleh sebab itu, ini sudah sebuah rencana besar, saling mendukung, dan kita harapkan tanah Papua semakin makmur dan sejahtera," jelas Jokowi.

Kawasan Industri Pupuk Fakfak ini juga dinilai dapat menopang kebutuhan pupuk di wilayah timur Indonesia seperti Maluku dan Maluku Utara. Bahkan bisa diekspor hingga ke Australia.

"Kemudian juga sebagian bisa diekspor karena lebih dekat ke Australia, karena Australia juga impor sebagian dari kita dan sebagian dari negara lain," sambung Jokowi.

(hal/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.