Note

Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor

· Views 36
Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor
Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Perilaku investor di tengah gejolak dinamika global beberapa bulan terakhir menjadi mimpi buruk untuk investasi Indonesia. 

Investor dinilai makin sedikit untuk masuk ke saham hingga rupiah. Hal itu juga didorong oleh kebijakan Bank Indonesia (BI) baru-baru ini menaikkan suku bunga menjadi 6% sementara Bank Sentral Amerika Serikat (AS) masih mempertahankan suku bunga tinggi.

Baca Juga:
Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor Alarm Perbankan Asing Mulai Hengkang dari Indonesia

Namun demikian, Indonesia masih menjadi favorit investor asing dalam menanamkan modal mereka.

"Prediksinya Amerika akan tetap higher for longer tapi juga slower for longer artinya masih lama (pertahankan suku bunga), tapi Indonesia masih darling (disayang) lah buat investor (asing)," kata Pengamat Pasar Uang Junito Ahmad Haryono yang kerap disapa Tomi dalam Media Gathering Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Padalarang, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga:
Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor Investor Asing Dominasi Pengajuan Minat Investasi di IKN, Ini Rinciannya

Jika berkaca pada US Treasury bond, maka sebagai pelaku pasar di Indonesia bisa 'memasak' sedemikian rupa agar suku bunga tidak kelihatan mahal tetapi tapi di korporasi masih menikmati suku bunga yang dibawah BI7DRR.

"Kalo dibilang gini, mau ikut balapan tapi suku bunga kita berat, karena sangat mungkin BI menurunkan tingkat suku bunga sampai mendekati angka 3% atau 4% lah," ungkap Tomi.

Baca Juga:
Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor Menakar Peluang Saham di Tengah Tren Positif IHSG dan Net Buy Asing Jelang Akhir Tahun

Selain itu, market BI secara domain melihat tekanan outflow bola dari Indonesia yang ke luar negeri itu cukup besar sehingga soft payment dan current account nya mengalami defisit.

"Oleh karena itu terjadi semacam persepsi bahwa ternyata US Treasury yang 10 tahun ada di sekitar 4,5%-4,6% dibandingkan rupiah bonds yang 10 tahun ada di 6,6% itu spare nya cuma 2%, tidak menarik dan bahkan berisiko," jelas dia.

Baca Juga:
Asing Cenderung Outflow, Indonesia Masih Jadi Favorit Investor DPR Khawatirkan Kepentingan Asing dalam Skema Power Wheeling

Dengan kata lain, menurut Tomi karena US Treasury itu kisaran 2,8% sampai 3,5%, artinya orang asing lebih cenderung tarik pulang rupiah bondsnya ke dolar karena dolar AS lebih menarik.

"Bahkan di Singapura juga kita melihat DHE DHE mungkin agak males dateng ke Indonesia karena Singapura masih nawarin 5,7% dibanding Indonesia perbankan sekitar 4% gitu," kata dia.

Dengan demikian, hal ini membentuk beberapa kebijakan-kebijakan lagi yang datang secara mendadak dari BI seperti SVBI yang baru saja diluncurkan. 

Kebijakan ini juga diharapkan memancing dolar untuk datang dan 'stay' di Indonesia karena SVBI, sertifikat valas itu dibikin seperti Amerika Serikat.

"Jadi masih menarik, untuk orang Indonesia untuk membeli produk depositnya yang dikeluarkan BI bukan bank sebaliknya liquidity nya bank, depositnya bank, sifting pindah ke BI," pungkas Tomi.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.