Note

Dolar Australia Bergerak Naik Menuju Level Tertinggi Tiga Bulan

· Views 34
Bagikan:
  • Dolar Australia menguat karena nada hawkish Gubernur RBA Bullock.
  • Kepala pengambil kebijakan Australia ini menyoroti bahwa tantangan inflasi didorong oleh permintaan domestik.
  • Dolar AS mengalami tekanan turun karena meningkatnya kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh The Fed.

Dolar Australia (AUD) menguat untuk hari kedua berturut-turut di hari Jumat. Dolar AS (USD) mengalami sedikit penurunan pada hari Kamis dalam sesi dengan volume rendah, mengingat penutupan pasar Amerika Serikat (AS) untuk hari Thanksgiving.

Dolar Australia mengalami dukungan naik meskipun IMP Australia mencapai posisi terendah dalam beberapa bulan. Hal ini dapat dikaitkan dengan komentar-komentar hawkish dari Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Michele Bullock. Bullock menyoroti bahwa tantangan inflasi semakin dipicu oleh faktor domestik, terutama permintaan. Menekankan bahwa pengetatan kebijakan moneter adalah respon yang sesuai untuk inflasi yang didorong oleh permintaan.

Indeks Dolar AS (DXY) tampaknya berada dalam tren menurun meskipun ada peningkatan dalam imbal hasil Treasury AS. Meningkatnya kemungkinan tidak adanya kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve (The Fed) berkontribusi pada faktor risk-on, yang mungkin akan melemahkan Greenback karena dinamika pasar menyesuaikan diri dengan ekspektasi yang berkembang terkait kebijakan The Fed.

Dalam kalender ekonomi, data IMP S&P Global AS akan dirilis pada hari Jumat, dengan sedikit penurunan yang diprakirakan terjadi di sektor Jasa dari 50,6 ke 50,4 dan di sektor Manufaktur dari 50,0 ke 49,8.

Intisari Penggerak Pasar Harian: Dolar Australia Menguat karena Nada Hawkish RBA, Berkurangnya Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga The Fed

  • IMP Manufaktur Judo Bank (MoM) awal turun ke 47,7 di bulan November, dibandingkan dengan bulan sebelumnya di 48,2. IMP Jasa Bank Judo turun ke 46,3 dari 47,9 sebelumnya, dan PMI Komposit turun ke 46,4 dari pembacaan sebelumnya di 47,6.
  • Gubernur RBA Michele Bullock menyebutkan bahwa harga-harga naik dengan kuat untuk sebagian besar barang dan jasa, dan biaya layanan meningkat karena tingginya permintaan. Hubungan RBA dengan perusahaan-perusahaan mengindikasikan tekanan biaya domestik yang terus berlanjut, dengan pemanfaatan kapasitas yang tinggi dan pasar tenaga kerja yang ketat.
  • National Australia Bank (NAB) mengantisipasi kenaikan suku bunga RBA lainnya, memprakirakan akan terjadi pada pertemuan Februari 2024.
  • Notulen RBA mengungkapkan bahwa dewan mengakui "kasus yang kredibel" terhadap kenaikan suku bunga segera tetapi mempertimbangkan kasus pengetatan yang lebih kuat karena meningkatnya risiko inflasi. Keputusan mengenai pengetatan lebih lanjut akan bergantung pada data dan penilaian risiko.
  • Notulen RBA juga menekankan pentingnya mencegah kenaikan ekspektasi inflasi yang tidak terlalu tinggi. Prakiraan dewan mengasumsikan satu atau dua kenaikan suku bunga lagi, dan kenaikan harga rumah menunjukkan bahwa kebijakan mungkin tidak akan terlalu ketat.
  • Pemerintah Tiongkok diprakirakan akan mengambil langkah-langkah untuk mendukung sektor real estat dengan menyusun daftar 50 pengembang yang memenuhi syarat, baik swasta maupun BUMN. Daftar ini diharapkan dapat memandu lembaga-lembaga keuangan dalam memberikan dukungan melalui berbagai cara seperti pinjaman bank, utang, dan pembiayaan ekuitas.
  • Notulen rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengungkapkan bahwa para anggota akan mempertimbangkan untuk mengetatkan kebijakan moneter lebih lanjut jika informasi yang masuk menunjukkan kemajuan yang tidak mencukupi untuk mencapai target inflasi.
  • Para anggota FOMC dengan suara bulat setuju bahwa kebijakan harus tetap ketat untuk beberapa waktu hingga ada bukti yang jelas dan berkelanjutan bahwa inflasi bergerak turun menuju target Komite.
  • Klaim Tunjangan Pengangguran AS menunjukkan penurunan yang lebih besar dari prakiraan pada minggu yang berakhir pada tanggal 17 November, dengan Klaim Awal turun menjadi 209 Ribu dari 233 Ribu.
  • Pesanan Barang Tahan Lama AS turun 5,4% di bulan Oktober, melebihi ekspektasi penurunan 3,1%.
  • Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan AS untuk bulan November berada di 61,3, dibandingkan dengan pembacaan yang diharapkan sebesar 60,5.

Analisis Teknis: Dolar Australia Bergerak Menuju Level Tertinggi Tiga Bulan, Diperdagangkan di Sekitar 0,6570

Dolar Australia diperdagangkan lebih tinggi, melayang di sekitar level 0,6570 pada hari Jumat. Pasangan AUD/USD telah berhasil melampaui penghalang di level signifikan 0,6550, membuka jalan untuk potensi kunjungan kembali ke level tertinggi tiga bulan di 0,6589, yang terletak di sekitar resistance psikologis 0,6600. Pada sisi negatifnya, Exponential Moving Average (EMA) tujuh hari di 0,6536 dapat menjadi support penting, diikuti oleh Fibonacci retracement 23,6% di 0,6514. Penembusan di bawah level ini dapat menyebabkan pasangan ini menguji support utama di level 0,6500.

AUD/USD: Grafik Harian

Dolar Australia Bergerak Naik Menuju Level Tertinggi Tiga Bulan

Harga Dolar Australia Hari Ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Dolar Australia (AUD) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Dolar Australia adalah yang terlemah terhadap Dolar Selandia Baru.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   0.01% -0.02% 0.01% -0.03% -0.03% -0.07% -0.05%
EUR -0.01%   -0.02% 0.01% -0.03% -0.03% -0.07% -0.06%
GBP 0.02% 0.02%   0.03% -0.01% -0.01% -0.06% -0.05%
CAD -0.02% -0.01% -0.02%   -0.04% -0.05% -0.08% -0.07%
AUD 0.03% 0.03% 0.01% 0.05%   -0.01% -0.04% -0.02%
JPY 0.03% 0.04% 0.00% 0.05% 0.01%   -0.03% -0.02%
NZD 0.08% 0.06% 0.04% 0.08% 0.03% 0.03%   0.00%
CHF 0.05% 0.06% 0.04% 0.07% 0.02% 0.02% -0.02%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (pembanding).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.