Note

Sahamnya Terancam Terdepak dari Bursa, Waskita Buka Suara

· Views 41
Sahamnya Terancam Terdepak dari Bursa, Waskita Buka Suara
Ilustrasi.Foto: Dok. Waskita Karya
Jakarta

PT Waskita Karya (Persero) Tbk buka suara soal pengumuman potensi delisting saham yang disampaikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Waskita menilai wajar pengumuman itu dilakukan oleh BEI.

Waskita menyatakan untuk emiten yang telah menjalani suspensi selama 6 bulan memang biasanya akan mendapatkan pengumuman potensi delisting. Sampai saat ini, saham Waskita memang telah menjalani suspensi saham selama 6 bulan, sejak bulan Mei 2023 berkaitan dengan penundaan pembayaran bunga dan pokok atas beberapa obligasi yang diterbitkan perusahaan.

"Kami sampaikan bahwa pengumuman potensi delisting tersebut merupakan bagian dari peraturan BEI dimana setiap emiten yang telah menjalani suspensi saham lebih dari 6 bulan akan mendapatkan pengumuman potensi delisting tersebut," tulis Waskita dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski begitu, bukan berarti saham Waskita akan melakukan delisting saat ini juga. Menurut informasi yang disampaikan oleh BEI ke Waskita, apabila suspensi saham berlangsung sekurang-kurangnya 24 bulan dari waktu pengumuman suspensi, maka terdapat potensi delisting saham. Maka dari itu, dilakukannya delisting terhadap saham Perseroan baru akan terjadi paling cepat pada bulan Mei 2025.

"Untuk itu, perusahaan optimis dapat menyelesaikan review MRA dan mendapatkan persetujuan kreditur perbankan maupun pemegang obligasi sehingga suspensi saham perseroan dapat segera dibuka kembali di awal tahun depan Triwulan I 2024," sebut Waskita dalam keterangannya.

Saat ini perusahaan sedang dalam tahap akhir proses persetujuan final atas usulan skema restrukturisasi kepada kreditur perbankan dan pemegang obligasi. Sampai dengan saat ini, mayoritas kreditur perbankan yang mewakili lebih dari 80% nilai hutang outstanding telah menyetujui skema restrukturisasi yang diusulkan Perseroan.

Sebagai bagian dari proses restrukturisasi tersebut, perusahaan juga terus melakukan diskusi intensif dengan seluruh pemegang obligasi terkait skema restrukturisasi agar dapat segera disetujui melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO).

Waskita juga menyatakan telah menyampaikan rencana restrukturisasi kepada seluruh kreditur sejak awal tahun 2023 hingga saat ini. Persetujuan atas restrukturisasi Waskita merupakan titik penting bagi Waskita untuk dapat segera mengimplementasikan skema restrukturisasi, sehingga perusahaan memiliki kemampuan dalam melakukan manajemen cash flow secara optimal guna menghasilkan siklus kegiatan operasional yang lebih berkelanjutan.

Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban kepada seluruh kreditur baik perbankan, pemegang obligasi, maupun vendor. Usulan restrukturisasi telah disusun dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan Perseroan dalam jangka panjang.

Usulan restrukturisasi juga disusun dengan mengedepankan prinsip equal treatment kepada seluruh kreditur mengingat persetujuan atas restrukturisasi diperlukan dari seluruh kreditur baik perbankan dan obligasi.

Waskita menekankan saat ini perusahaan sudah kembali kepada core business-nya sebagai kontraktor murni. Waskita juga makin selektif dalam memilih proyek baru terutama dalam hal kepastian pembayaran, terdapat uang muka dan skema pembayaran monthly payment serta telah melalui Komite Manajemen Risiko Konstruksi sehingga proyek-proyek yang didapatkan oleh Waskita dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu serta memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan.

"Saat ini Waskita dipercaya untuk mengerjakan lebih dari 90 proyek yang sedang berjalan dan tersebar di seluruh Indonesia termasuk didalamnya 8 proyek IKN dengan NKB sampai dengan bulan Oktober sebesar Rp12 triliun sebagai sumber EBITDA baru," jelas Waskita.

(hal/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.