Note

Perdagangan Bursa Karbon Sudah Raih Cuan, Ini Saran Untuk PGEO

· Views 62
Perdagangan Bursa Karbon Sudah Raih Cuan, Ini Saran Untuk PGEO
Perdagangan Bursa Karbon Sudah Raih Cuan, Ini Saran Untuk PGEO (foto: MNC media)

IDXChannel - Tren pertumbuhan bisnis energi hijau diyakini makin menjanjikan di tengah isu pemanasan global yang mengemuka dalam beberapa waktu terakhir.

Kondisi ini dinilai juga membawa pengaruh terhadap kinerja perdagangan di bursa karbon yang juga diyakini semakin menarik.

Baca Juga:
Perdagangan Bursa Karbon Sudah Raih Cuan, Ini Saran Untuk PGEO Pertamina Geothermal (PGEO) Raih Rating ESG Tertinggi di Indonesia di Sektor Ini

Tren positif tersebut, di antaranya, nampak pada kinerja PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) yang sukses mencatatkan capaian bisnis sangat baik hingga triwulan III-2023 ini.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2023, PGEO membukukan pendapatan usaha sebesar USD308,92 juta sepanjang triwulan III-2023. Pendapatan tersebut naik 7,49 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya yang tercatat sebesar USD287,39 juta. 

Baca Juga:
Perdagangan Bursa Karbon Sudah Raih Cuan, Ini Saran Untuk PGEO 7 Daftar PLTP Terbesar di Indonesia: Pengelolaan Didominasi PGEO dan BREN

Pendapatan tersebut ditopang oleh penjualan uap dan listrik kepada pihak berelasi yaitu PT Indonesia Power.

Dari seluruh area, sampai dengan triwulan III-2023 pendapatan PGE Area Kamojang menyumbang pendapatan terbesar, yaitu senilai USD109,6 juta, yang kemudian disusul oleh PGE Area Ulubelu senilai USD86,1 juta. 

Baca Juga:
Perdagangan Bursa Karbon Sudah Raih Cuan, Ini Saran Untuk PGEO Pertamina Geothermal (PGEO) Gandeng Chevron Garap Proyek Panas Bumi di Sulut

Seiring dengan naiknya pendapatan, beban pokok pendapatan PGEO juga tercatat naik 3,11 persen menjadi USD126,21 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD122,40 juta.

Melihat hal itu, Staf Bidang Ekonomi, Industri, dan Global Market Maybank Indonesia, Myrdal Gunarto, menilai potensi PGEO untuk melakukan ekspansi bisnis di luar geothermal, seperti green hydrogen dan green amonia, cukup baik.

Sebab, bisa mendukung program hilirisasi pemerintah menjadi perusahaan futuristik.

"Selain itu, berpartisipasi pada bisnis yang berpihak kepada lingkungan, benar-benar hijau. Saya lihat PGEO ini bisa menjadi pemain besar, apalagi baru-baru ini PGEO mendapatkan skor ESG 8.4 dari Sustainalytics. Ini menjadi sinyal positif bagi bisnis PGEO," ujar Myrdal, Senin (13/11/2023).

Menurut Myrdal, upaya ekspansi bisnis melalui loan pun cukup baik, dengan tenor menengah panjang. 

"Kalau bisa lebih dari tujuh tahun, maka aman, karena saya lihat aset PGEO cukup besar dan memiliki ruang untuk ekspansi melalui pinjaman atau loan," tutur Myrdal.

Kendati ekspansi di luar panas bumi cukup menarik, tetapi potensi panas bumi dinilai juga cukup baik. Myrdal pun memberikan saran agar PGEO memiliki beberapa strategi untuk memuluskan langkah mendapatkan kembali kredit di bursa karbon Indonesia.

Pertama, kata Myrdal, PGEO harus fokus pada bisnis energi baru terbarukan (EBT). Kedua, PGEO harus memaksimalkan produk sekundernya seperti green hydrogen, green ammonia, dan silika. Selain itu, memperluas market pasar ke luar negeri.

"Jika itu dilakukan kepercayaan pasar lebih besar. Apalagi saat ini PGEO sudah mulai ekspansi global ke Kenya dan Turki," pungkas Myrdal. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.