Note

Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat

· Views 57
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Jelang pengumuman suku bunga BI, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi bergerak dalam kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan dengan pergerakan indeks akan berada di kisaran 6.850 – 7.000.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, kesimpulan dari perdagangan sebelumnya, diperkirakan terjadi profit taking pada saham-saham big caps secara khusus pada saham-saham grup Barito yang menyebabkan IHSG melemah pada perdagangan kemarin.

Baca Juga:
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Bagaimana yang Terjadi jika Bank Sentral Terlalu Melonggarkan Suku Bunganya?

"Namun kabar baiknya, IHSG tidak patah tren. IHSG sendiri memiliki gap pada 6886," tulis William dalam analisisnya, Kamis (23/11/2023).

Menurut William, akan menjadi pelemahan yang wajar jika misalnya IHSG melemah kembali hari ini, namun terbatas hanya pada 6886. Sedangkan secara teknikal dia melihat bahwa IHSG masih dalam arah naik.

Baca Juga:
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat IHSG Hari Ini Dibayangi Rilis Suku Bunga BI, Saham BBRI-KLBF Layak Koleksi

"Nilai transaksi pasar masih tipis, masih di bawah 10T, belum ada kejadian yang menarik perhatian dan bisa menjadi sentimen saat ini," katanya.

Untuk faktor teknikal, IHSG menguji resistance 7.000, pada perdagangan kemarin terlihat adanya percobaan menutup gap pada 6886.

Baca Juga:
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Investor Optimistis The Fed Kerek Suku Bunga, Wall Street Ditutup Naik

"Jika pelemahan berlanjut dengan tertahan pada area ini, maka pelemahan ini adalah peluang besar untuk buy on weakness. Hal ini dikarenakan tren IHSG yang sudah menguat," jelas dia.

Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan.

Baca Juga:
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Ekonom Sarankan BI Tahan Suku Bunga di 6 Persen, Ini Alasannya

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar -54.83 poin (-0.79%) menuju 6906,95 pada perdagangan hari Rabu 22 November 2023.

Sebanyak 180 saham menguat, 355 saham menurun, dan 225 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 8.5T (all market).

Baca Juga:
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat IHSG Sesi I Lesu ke Level 6.919 di Tengah Penantian Rilis Suku Bunga BI

Berikut beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal.

PTBA, buy, support 2380, resistance 2590.

Konfirmasi pembentukan demand zone pada 2300 – 2380.

KLBF, buy, support 1550, resistance 1700.

Peluang penguatan menuju 1700 setelah pembentukan demand zone.

MARK, buy, support 468, resistance 545.

Pembentukan pola cup and handle dengan neckline pada 505.

HMSP, buy, support 940, resistance 1000.

Rebound pada support MA20, indikasi uptrend yang masih berlanjut.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.