Note

ANALIS MARKET (23/11/2023) : IHSG Diproyeksi Bergerak Bullish

· Views 45

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Dow Jones dan kawan-kawan ditutup di teritori positif pada perdagangan Rabu (22/11/23) menjelang libur Thanksgiving di tengah optimisme bahwa Federal Reserve telah berada di akhir trend menaikkan suku bunga, sementara ekonomi AS terbukti tetap resilien.

Data ekonomi termasuk Initial Jobless Claims, Durable Goods Order, dan sentimen konsumen dari Univ. of Michigan pada intinya menunjukkan ekonomi memang sedikit melemah namun masih tetap cukup kuat untuk menghindari resesi.

Pasar saham juga ditopang oleh sentimen saham teknologi megacap seperti Google, Microsoft, dan Meta yang naik rata-rata lebih dari 1%; membantu menjaga animo market di tengah merosotnya saham Nvidia sebesar 2%.

Nvidia melaporkan kinerja kuartal 3 di atas perkiraan analis, namun perusahaan pembuat chip ini memperingatkan para pelaku pasar bahwa penjualannya di China (yang merupakan seperlima dari total Penjualan) akan turun signifikan di kuartal 4 ini akibat larangan ekspor AS untuk chip AI ke China.

Secara keseluruhan, pasar saham cenderung menguat sebelum libur Thanksgiving dan terus berada di jalur rally sampai akhir tahun.

KOMODITAS: Saham-saham Energi mengakhiri perdagangan hari Rabu dengan sedikit lebih rendah setelah harga Minyak mentah melemah hampir 1% setelah ada tanda-tanda baru peningkatan pasokan. OPEC+ menunda pertemuan yang dijadwalkan 26 Nov menjadi 30 Nov, di tengah perdebatan untuk menyepakati tingkat produksi sehingga memicu ketidakpastian mengenai potensi pemangkasan produksi. Salah satu katalis lain yang menekan harga Minyak adalah laporan persediaan Minyak mentah mingguan AS yang ternyata jauh lebih besar dari perkiraan. Energy Information Administration (EIA) merilis perubahan mingguan atas Minyak komersial yang diproduksi perusahaan2 AS. Untuk pekan terakhir yang didata ternyata ada penambahan Minyak baru sebanyak 8.7 juta barrel akibat tingginya Impor, jauh di atas estimasi 1.16 juta barrel dan juga lebih dari dua kali posisi minggu sebelumnya 3.6 juta barrel. Di sisi lain, US Dollar rebound dari level terendah 2,5 bulan setelah data ekonomi menunjukkan klaim pengangguran yang lebih rendah dari ekspektasi. Menguatnya US Dollar menyurutkan permintaan dari negara pembeli non-AS. Para analis memperkirakan, dalam usahanya mendukung harga Minyak mentah, OPEC+ tidak hanya perlu memperpanjang periode pemangkasan produksi, serta sekaligus menambah jumlah pemotongan produksinya.

MARKET EROPA & ASIA: Consumer Confidence Euro zone kemarin dirilis lebih baik dari perkiraan walaupun in overall masih berada di wilayah pessimistic. Sejumlah laporan PMI akan diumumkan hari ini dari France, Germany, Euro zone, dan Inggris. Para investor / trader Indonesia akan lebih fokus kepada katalis domestik penting hari ini yaitu Keputusan RDG BI mengenai suku bunga yang diperkirakan ditahan tetap di level 6.0%.

IHSG kemarin (22/11), ditutup melemah mengikuti aura konsolidasi dari market regional Asia di saat para investor agak nervous menunggu keputusan RDG BI hari ini (23/11).

Namun demikian, analis NH Korindo Sekuritas masih perkiraan pullback ini cukup wajar dalam rangka sekedar menguji Support Neckline dari pola Inverted Head and Shoulders yang sejatinya mempersiapkan IHSG untuk rally menuju 7100-7150 sebagai TARGET akhir tahun.

Para investor / trader bisa mulai Koleksi bertahap saham-saham pilihan pada harga Support.

“IHSG diproyeksi bergerak Bullish,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Kamis (23/11).

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.