Note

Deretan Saham Ini Bisa Dikoleksi saat IHSG Cenderung Melemah

· Views 31
Deretan Saham Ini Bisa Dikoleksi saat IHSG Cenderung Melemah
Deretan Saham Ini Bisa Dikoleksi saat IHSG Cenderung Melemah 

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu (22/11/2023) masih melanjutkan pelemahan meski mulai terbatas dan tetap di level 6.900-an.

Head of Research Investasiku Cheril Tanuwijaya mengatakan, IHSG hari ini terkoreksi cukup signifikan hampir 1 persen. Namun bukan IHSG saja yang terkoreksi tetapi bursa Asia dan Eropa mayoritas juga melemah.

Baca Juga:
Deretan Saham Ini Bisa Dikoleksi saat IHSG Cenderung Melemah IHSG Ditutup Melemah ke 6.906, PTMP Anjlok Paling Dalam

"Kalau dilihat secara khusus, IHSG secara harga memang ada gap yang perlu diisi di level 6.880, secara sentimen memang nanti malam ada rilis data penjualan barang tahan lama dari Amerika dan klaim pengangguran mingguan, itu yang dinantikan pasar," kata Cheril dalam IDX 2nd Session Closing Market, Rabu (22/11/2023).

Secara domestik, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia hari ini dan besok, menurut Cheril, pelaku pasar masih bersikap wait and see menanti proyeksi ekonomi dan keputusan BI.

Baca Juga:
Deretan Saham Ini Bisa Dikoleksi saat IHSG Cenderung Melemah IHSG Sesi I Lesu ke Level 6.919 di Tengah Penantian Rilis Suku Bunga BI

"Support IHSG yang terdekat kita lihat ada di level 6.880 ya di area gap tersebut, jadi kecenderungannya jika ada gap koreksi dulu ke level support tersebut baru lanjut rebound lagi," ujar Cheril.

Upaya IHSG untuk menembus 7.000, menurut Cheril, memang IHSG selama sepekan cenderung menguat. Bahkan, level tertinggi sepekan berada di 7.010 walaupun selanjutnya closing di zona merah.

"Memang secara harga IHSG punya resisten yang kuat di level 7.010, terbukti sekian kali belum tertembus," kata dia.

Untuk akhir tahun, IHSG identik dengan fenomena window dressing yang sekarang sudah hampir Desember. Secara historis, Desember hampir selalu positif kecuali Desember 2022.

"Kalau kita lihat lagi secara historikal, rata-rata return IHSG selama 15 tahun terakhir di bulan Desember itu 3,25 persen, jadi kalau sampai akhir tahun kita optimis ya IHSG bisa closing di 7.100," tutur Cheril.

Berikut saham pilihan yang bisa dikoleksi:

BBNI 5.000 - 5.250 BUY
CPIN 5.400 - 5.800 BUY
BUKA 210 - 230 BOB
CTRA 1.100 - 1.180 BUY.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.