Note

KKP Bangun Kampung Nelayan Modern di Biak Papua, Telan Biaya Rp22 Miliar

· Views 59

Pasardana.id - Kampung nelayan modern (kalamo) yang berada di Desa Samber-Binyeri, Kabupaten Biak Numfor, Papua telah selesai dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kampung nelayan ini dilengkapi fasilitas yang lengkap mulai dari bengkel, dermaga, pabrik es, gudang beku, dan lain sebagainya.

Kampung nelayan ini berada dalam Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 717 ini rencananya akan diresmikan oleh Presife Joko Widodo pada Kamis (23/11).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, untuk pembangunan kampung nelayan modern di Biak Numfor ini anggaran yang dikucurkan sekitar Rp 22 miliar.

"Satu kaya gini Rp 22 miliar. Idealnya sih sebetulnya Rp 25-30 miliar gitu lah," katanya saat meninjau kampung nelayan modern Desa Samber-Binyeri, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu (22/11).

Disampaikan Sakti, untuk membangun kampung nelayan ini harus memiliki syarat seperti masyarakat yang memiliki mata pencaharian dengan mengandalkan hasil laut.

Kata dia, pembangunan kamoung nelayan modern ini berasal dari APBN, dimana anggaran sejumlah direktorat jenderal yang diintegrasikan.

"Anggaran APBN kita yang selama itu biasanya untuk bantuan masing-masing kan, sekarang kita integrasikan," kata Sakti.

Dengan model integrasi ini, Sakti berhatap, bisa dibuat lebih besar dengan melibatkan berbagai kementerian di pemerintahan.

"Nah model integrasi ini mestinya nanti kalau dibuat dalam skala lebih besar integrasi antar kementerian. Ada Kemesos, ada Kementan ada apa namanya PUPR, kemudian Kemendes. Lalu mereka kita minta kita tentu ini akan kita usulkan nanti presiden bisa mencanangkan," tukasnya.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.