Note

S&P 500 Mencapai Rekor

· Views 39

Betapapun sulitnya lingkungan makro, kita dapat membiasakan diri dengan segalanya. Beradaptasi dan memberikan hasil yang positif. Dalam waktu kurang dari 11 bulan di tahun 2023, S&P 500 tumbuh sebesar 18%, bahkan di tengah pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve. Sementara itu, Bank of America memprediksi bahwa indeks saham secara keseluruhan akan mencapai rekor 5.000 pada tahun 2024, yaitu 10% lebih tinggi dari level saat ini. Alasannya bukan karena Federal Reserve akan menurunkan suku bunga federal fund. Pasar saham telah beradaptasi dengan geopolitik dan makroekonomi yang negatif.

Analis Bank of America tidak sendirian. RBC Capital Markets memiliki perkiraan yang sama yaitu 5.000 berdasarkan analisis sentimen investor, estimasi pendapatan perusahaan, kondisi ekonomi, risiko politik, dan hubungan antara saham dan obligasi. Menurut perusahaan ini, S&P 500 dapat tumbuh hingga 5300 pada tahun 2024 jika inflasi kembali ke target 2%, Federal Reserve mencapai pendaratan lunak dan mulai menurunkan biaya pinjaman.

Dinamika S&P 500 dan Prakiraan Bank of America

S&P 500 Mencapai Rekor

Bank dan perusahaan investasi lain juga berbicara tentang rekor level indeks saham pada tahun 2024. Secara khusus, Societe Generale memperkirakan kenaikan menjadi 4750 pada akhir kuartal pertama, diikuti oleh penurunan 12% menjadi 4200 karena resesi ekonomi AS. Untuk sisa tahun ini, S&P 500 akan memulihkan posisi yang hilang, kembali ke level 4750.

Perkiraan konsensus dari 33 pakar Reuters juga mengindikasikan pasar saham yang bergejolak di tahun mendatang. Mereka mengantisipasi indeks saham secara luas akan ditutup pada level 4700, yang merupakan 3.4% lebih tinggi dari level saat ini. Selain itu, 9 dari 13 ahli strategi menjawab positif pertanyaan: apakah S&P 500 akan mencapai rekor tertinggi dalam enam bulan ke depan?

Dinamika S&P 500 dan Prakiraan Societe Generale

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
S&P 500 Mencapai Rekor

Singkatnya, optimisme berlaku di pasar. Meskipun indeks diperdagangkan pada kelebihan rasio harga terhadap pendapatan ke-19 dibandingkan dengan rasio ke-17 pada akhir 2022 dan rata-rata historis ke-16, yang menunjukkan valuasi yang tinggi. Tidak perlu heran ketika S&P 500 menambah 10,5% nilainya sejak akhir Oktober dan ditutup di zona hijau selama 15 dari 16 sesi perdagangan, momentum bullish tumbuh dengan cepat.

Pembeli bertaruh pada pelonggaran kebijakan moneter Federal Reserve pada tahun 2024 dan pada skenario Goldilocks, di mana inflasi menurun tajam, ekonomi kehilangan tenaga tetapi terus tumbuh.

S&P 500 Mencapai Rekor

Tidak semua orang begitu yakin. PIMCO percaya bahwa perlambatan harga konsumen tahun depan tidak akan didasarkan pada pemulihan rantai pasokan dan habisnya stimulus fiskal, tetapi pada penurunan permintaan. Ini adalah berita buruk bagi saham.

Secara teknikal, pada grafik harian S&P 500, sebuah inside bar telah terbentuk. Menembus batas bawahnya di dekat 4525 dengan sukses menyerbu level pivot di 4520 akan menandakan dimulainya pergerakan korektif setelah reli cepat indeks saham. Hal ini akan memungkinkan terbentuknya posisi jual jangka pendek. Namun, tidak disarankan untuk melakukan penjualan secara berlebihan. Tren bullish terlihat terlalu kuat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.