Note

Perekonomian Zona Eropa Mungkin Akan Mengalami Pukulan Telak

· Views 40

Namun, mata uang Eropa tetap diminati bahkan setelah publikasi notulen rapat Federal Reserve yang hawkish. Luis de Guindos, Wakil Presiden Bank Sentral Eropa, memperingatkan para investor bahwa mereka mungkin meremehkan risiko dampak yang lebih parah terhadap ekonomi zona euro setelah setahun kenaikan suku bunga dan meningkatnya ketegangan politik.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Perekonomian Zona Eropa Mungkin Akan Mengalami Pukulan Telak

"Masalah lebih lanjut di Timur Tengah hanyalah salah satu contoh bagaimana geopolitik dapat membalikkan harapan untuk apa yang disebut soft landing di mana inflasi dapat dijinakkan tanpa resesi besar," kata Luis de Guindos. "Prospek yang diambil pasar sehubungan dengan evolusi ekonomi, menurut saya sedikit optimis dan optimis," kata Guindos kepada Bloomberg Television. "Ada sedikit angan-angan."

Laporan stabilitas keuangan ECB baru-baru ini menyatakan bahwa data historis menunjukkan bahwa skenario soft landing tidak praktis dalam kondisi saat ini. Hal ini tampaknya mendorong para pembuat kebijakan Eropa untuk membuat pernyataan yang hati-hati mengenai suku bunga, dengan fokus pada kondisi ekonomi Eropa.

Banyak trader sekarang bertaruh bahwa biaya pinjaman telah mencapai puncaknya, karena bulan lalu, ECB menghentikan serangkaian kenaikan suku bunga setelah 10 kali kenaikan berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Saat ini, Zona Eropa yang mencakup 20 negara, berada di ambang penurunan moderat, dan data-data terbaru telah mengecewakan bagi para investor dan pembuat kebijakan Zona Eropa. Komisi Eropa menyatakan minggu lalu bahwa Zona Euro mungkin dapat menghindari resesi, namun hal ini membutuhkan peningkatan daya beli konsumen yang mengarah pada pemulihan ekonomi yang moderat. Perkiraan triwulanan terbaru ECB juga mendukung pandangan ini. Namun, data baru akan dirilis pada pertemuan Desember, dan tidak pasti apa yang akan diungkapkan.

Para pejabat Eropa juga menegaskan bahwa mereka belum membahas penurunan suku bunga, dan memperkirakan inflasi akan kembali ke target 2% hanya pada paruh kedua tahun 2025. Namun, para investor mengantisipasi penurunan suku bunga akan dimulai pada awal April tahun depan.

"Saya tidak akan membahas taruhan pasar, namun yang dapat saya sampaikan adalah bahwa strategi kami sangat jelas dalam hal komunikasi: Ketergantungan pada data dan pertemuan demi pertemuan dan kita akan melihat bagaimana segala sesuatunya berkembang," kata Guindos. "Saya rasa pembicaraan mengenai penurunan suku bunga masih terlalu dini." Ia menegaskan kembali bahwa jalan untuk mengurangi inflasi bisa jadi tidak merata karena efek dasar, namun ia yakin bahwa target ECB akan tercapai.

Mengenai gambaran teknikal EUR/USD, untuk mempertahankan kendali, pembeli harus tetap berada di atas 1.0890. Hal itu dapat membuka jalan menuju 1.0925 dan 1.0970. Dari level tersebut, ada potensi untuk mencapai 1.1005, namun untuk mencapainya tanpa dukungan dari pemain utama akan cukup menantang. Target terjauh terletak di 1.1400. Jika pasangan ini turun, aksi signifikan dari pembeli utama dapat terlihat di sekitar 1.0890. Jika tidak ada yang masuk pada level tersebut, mungkin akan lebih baik untuk menunggu level terendah baru di 1.0860 atau mempertimbangkan posisi beli dari 1.0830.

Sementara itu, permintaan untuk pound tetap sama. Kenaikan lebih lanjut dapat diperkirakan setelah mendapatkan kendali di atas 1.2550. Mendapatkan kembali kisaran ini akan membawa kembali harapan untuk pemulihan menuju 1.2580, setelah itu kenaikan yang lebih tajam ke sekitar 1.2630 dapat diantisipasi. Jika pasangan ini turun, bear akan mencoba untuk mengambil kendali di 1.2500. Jika berhasil, penembusan kisaran ini akan mempengaruhi posisi bulls, mendorong GBP/USD turun menuju level terendah 1.2455 dengan potensi menyentuh 1.2410.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.