Note

Kemenkeu Alokasikan Penjualan ST011 untuk Danai Proyek Hijau Pemerintah

· Views 45
Kemenkeu Alokasikan Penjualan ST011 untuk Danai Proyek Hijau Pemerintah
Kemenkeu Alokasikan Penjualan ST011 untuk Danai Proyek Hijau Pemerintah (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal mengalokasikan hasil penerbitan Sukuk Tabungan seri ST011 untuk mendanai proyek-proyek hijau pemerintah.

Kepala Subdirektorat Pengelolaan Transaksi DJPPR menjelaskan, ST011 ditawarkan dalam dua tenor yaitu 2 tahun atau ST011T2 dan tenor 4 tahun atau ST011T4 dengan masa penawaran yang berlangsung mulai tanggal 6 November-6 Desember 2023.

Baca Juga:
Kemenkeu Alokasikan Penjualan ST011 untuk Danai Proyek Hijau Pemerintah Dukung Ekonomi Hijau, bank bjb Jadi Mitra Distribusi Sukuk Pemerintah ST011

"Untuk pemilihan proyek-proyek hijau khusus untuk yang T4 yang green sukuk, untuk proyek-proyek pemerintah yang sifatnya proyek hijau, green project, nah nanti kalau sudah berinvestasi di sana, sama saja investor ini sudah mendukung pemerintah membangun atau peduli terhadap lingkungan," ujar Riestianti dalam Market Review IDX Channel, Rabu (22/11/2023).

Sukuk Tabungan Seri ST011T2 (Tenor 2 Tahun) dan Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan Seri ST011T4 (Tenor 4 Tahun) menawarkan tingkat imbalan/kupon mengambang (floating with floor) sebesar 6,30% per tahun untuk ST011T2 dan 6,50% per tahun untuk ST011T4. 

Tujuan penerbitan ST011 adalah untuk menyediakan alternatif investasi yang aman, menguntungkan dan likuid bagi masyarakat, melakukan diversifikasi instrumen pembiayaan APBN, memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah, dan memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society. 

ST011 dijualnya secara online melalui 32 mitra distribusi mulai dari perbankan milik negara dan konvensional, maupun sekuritas-sekuritas yang ada di Indonesia.

Melalui penjualan secara online, diharapkan juga dapat mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel yang ditujukan untuk semua generasi serta mendukung terwujudnya keuangan inklusif melalui instrumen investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal 10 miliar.

Proses pemesanan pembelian ST011 dilakukan secara online melalui 4 tahap yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran dan (iv) setelmen. 

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

"Sukuk Tabungan ini aman, karena pembayaran dibayarkan setiap bulan, kalau jatuh tempo akan dibayarkan oleh pemerintah. Waktunya sudah ditentukan oleh pemerintah sehingga tidak ada keterlambatan bayar," pungkas Riestianti.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.