Note

Berburu Dividen Saham Syariah? Investor Wajib Perhatikan Ini

· Views 64
Berburu Dividen Saham Syariah? Investor Wajib Perhatikan Ini
Berburu Dividen Saham Syariah? Investor Wajib Perhatikan Ini (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Banyak investor memilih saham-saham syariah yang rutin membagikan dividennya. Dividen dibayarkan untuk para pemegang saham dengan ketentuan porsi berdasarkan keputusan masing-masing perusahaan.

Bisa dibagikan dua sampai tiga kali dalam setahun tergantung kebijakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Namun begitu, banyak hal harus diperhatikan agar investor tidak salah dalam menentukan pilihan saham syariah dengan dividen yang menggiurkan. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dirangkum dari IDX Islamic, Rabu (23/11/2023)

1. Perhatikan riwayat pembagian dividen

Meskipun riwayat pembagian dividen tidak dapat menjadi jaminan terkait pembayaran dividen pada masa yang akan datang dari perusahaan terkait, namun riwayat pembagian dividen oleh perusahaan dapat dijadikan sebagai acuan dalam melihat kebijakan perusahaan dalam membagi dividen.

2. Perhatikan dividend payout ratio

Dividend payout ratio adalah persentase dari laba bersih perusahaan yang dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham. Semakin tinggi dividend payout ratio, semakin besar pula bagian laba yang dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham.

3. Perhatikan dividend yield

Dividen yield adalah perbandingan antara dividen per lembar saham. Semakin tinggi dividend yield, semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham tersebut.

4. Pertimbangkan pertumbuhan laba perusahaan di masa depan

Pertumbuhan laba juga dapat berpengaruh terhadap besaran dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Misalnya, jika laba bersih PT ABCD meningkat menjadi Rp5 triliun pada tahun 2024, maka pembagian dividen sebelumnya sebesar Rp900 per lembar bisa meningkat menjadi Rp1.500 per lembar dengan asumsi dividend payout ratio sama dengan tahun sebelumnya.
 
(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.